DKP salurkan alat tangkap nelayan Lampung Timur

id dkp lamtim serahkan bantuan alat, lampung timur, alat bantutangkap ikan

DKP salurkan alat tangkap nelayan Lampung Timur

Penyerahan Bantuan Alat Tangkap dari KKP oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lampung Timur kepada nelayan di Desa Margasari Kecamatan Labuhan Maringgai, Lampung Timur , Rabu (32/8). (FOTO: ANTARA Lampung/Muklasin)

...Bantuan ini adalah tindaklanjut dari Program Sekaya Maritim Tahun 2015 dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, kata Dadan...
Lampung Timur  (ANTARA Lampung) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lampung Timur di Provinsi Lampung menyalurkan sejumlah alat tangkap dan alat bantu tangkap kepada sejumlah nelayan yang tergabung dalam kelompok usaha bersama di Kecamatan Labuhan Maringgai.

"Bantuan ini adalah tindaklanjut dari Program Sekaya Maritim Tahun 2015 dari Kementerian Kelautan dan Perikanan," kata Dadan Darmansyah, Kabid Tangkap, mewakili Usman Effendi, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Lampung Timur, di Labuhan Maringgai, Rabu.

Dadan menyampaikan, DKP Lampung Timur mendapatkan bantuan berupa alat tangkap dan alat bantu tangkap dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang diperuntukkan bagi nelayan.

Bantuan itu berupa jaring gilnet 1000 meter sebanyak 9 paket, bubu ikan 17 paket atau 250 buah per paket bubu ikan, bubu rajungan 20 paket atau 1.000 buah per paket bubu rajungan, mesin tempel 40 PK 12 unit, mesin tempel 15 PK enam unit, miniwinch 8 unit, GPS 8 unit, fish finder atau alat pencari ikan 8 unit, lampu bawah air (Lacuba) 12 paket, life jacket 20 buah, mesin long tile 12 paket.

"Bantuan ini merupakan pengiriman tahap kedua untuk tahap pertama sudah dikirim dan didistribusikan pada bulan November 2015," katanya pula.

Pada tahap kedua ini bantuan kembali didistribusikan kepada nelayan yang tergabung dalam 55 kelompok usaha bersama (KUB) dari empat desa penerima Program Sekaya Maritim di Kecamatan Labuhan Maringgai.

Dia merincikan desa penerima tersebut yakni Desa Margasari 20 KUB, Desa Sukorahayu 12 KUB, Desa Karang Anyar 14 KUB, dan Desa Sriminosari 9 KUB. "Total sebanyak 550 nelayan yang menerimanya," katanya lagi.

Ia mengharapkan dengan didistribusikan bantuan tahap kedua ini, bantuan yang diterima nelayan itu bisa dimanfaatkan oleh nelayan penerima agar bisa meningkatkan pendapatan sehingga nelayan menjadi lebih sejahtera.

Ia menambahkan KUB penerima bantuan itu telah melewati serangkaian verifikasi berkas meliputi profil KUB, keanggotaan KUB, profesi anggota, profil anggota KUB, dan surat pernyataan KUB untuk siap mempertanggungjawabkan bantuan tersebut, serta verifikasi lapangan meliputi wawancara dan survei lokasi KUB. (Ant)