Psikolog: Anak harus dilatih menjadi mitra ibu

id psikolog anak vera, libatkan anak, mitra ibu, kurangi stres

Psikolog: Anak harus dilatih menjadi mitra ibu

Psikolog anak Vera Itabiliana (ist)

...Seorang ibu mengalami tekanan sehingga mudah stress. Ada yang sadar dan tidak. Tekanan dapat diringankan dengan melibatkan peran anak dalam pekerjaan di rumah, kata Vera...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Psikolog anak Vera Itabiliana mengatakan anak harus dilatih agar bisa menjadi mitra ibu dalam mengerjakan pekerjaan di rumah untuk melatih tanggung jawab serta mengurangi tekanan yang dialami seorang ibu.

"Seorang ibu mengalami tekanan sehingga mudah stress. Ada yang sadar dan tidak. Tekanan dapat diringankan dengan melibatkan peran anak dalam pekerjaan di rumah," kata Vera dalam unjuk bincang yang diadakan Pepsodent di Jakarta, Rabu (10/8).

Vera mengatakan melibatkan anak dalam pekerjaan di rumah dan mengerjakan kebutuhannya sendiri bukan semata-mata orang tua menyuruh-nyuruh anak untuk mengerjakan sesuatu melainkan mengajarkan untuk bertanggungjawab.

Menurut Vera, anak biasanya akan antusias membantu ibu di rumah bila diberi kepercayaan. Seorang anak biasanya merasa bangga bisa mengerjakan pekerjaan yang biasanya dilakukan orang dewasa.

"Ibu juga akan merasa bangga karena dapat mendidik anaknya bertanggungjawab. Dengan menjadikan anak sebagai mitra di rumah, juga akan mempererat hubungan personal ibu dan anak," tuturnya.

Untuk semakin memotivasi anak agar terus senang hati membantu ibu mengerjakan pekerjaan di rumah, orang tua juga harus memberikan perhatian dan pujian. Dengan begitu anak akan merasa bahagia.

"Anak merasa bangga mendapatkan kepercayaan dari orang tuanya. Itu sangat bagus dalam membangun konsep diri positif pada anak," jelasnya.

Bila sudah menjadi kebiasaan, maka anak akan dapat mengembangkan inisiatif untuk membantu pekerjaan ibu di rumah. Pada taraf yang lebih tinggi, anak dapat membantu ibu untuk membentuk kebiasaan baik untuk seluruh keluarga di rumah.

"Misalnya anak mengingatkan seluruh keluarga di rumah untuk menggosok gigi," ujarnya.

Pepsodent melakukan kampanye #MommysLittlePartner untuk mengajak ibu dan anak Indonesia membentuk kebiasaan baik. Senior Brand Manager Pepsodent Varina Merdekawaty mengatakan kampanye tersebut berangkat dari perhatian Pepsodent akan peran ibu dalam menjalankan tugas keseharian yang kerap kali dituntut untuk mampu memenuhi berbagai tanggung jawab.

"Melalui kampanye ini, kami ingin menyemangati para ibu agar dapat mengurangi tekanan yang mereka hadapi," katanya. (Ant)