Balai Pelestarian Cagar Budaya Pameran di Metro

id cagar budaya, rifian al chepy

Salah satu foto cagar budaya yang akan dipamerkan di Kota Metro. (foto/istimewa)

Kami berharap acara ini menginspirasi stakeholder agar lebih peduli pada potensi-potensi cagar budaya yang belum terpelihara dengan baik, sehingga bermanfaat untuk pembelajaran bagi generasi mendatang...
Bandarlampung, (ANTARA Lampung) - Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten yang membawahi empat wilayah kerja yakni Banten, Jakarta, Jawa Barat, Lampung menggelar Pameran Cagar Budaya di Kota Metro Provinsi Lampung.

Menurut Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disdikbudpora) Kota Metro Rifian Al Chepy, dihubungi dari Bandarlampung, Senin, mengatakan pameran diselenggarakan mulai 2 Agustus hingga 6 Agustus 2016 di Gedung Wanita Kota Metro.

Rifian mendampingi Ketua Pelaksana Ela Sulasmi SSos dari UPT Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten menjelaskan, pameran rencananya akan dibuka oleh Wali Kota Metro Ahmad Pairin, dan disaksikan Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Direktorat Kebudayaan RI Dr Hari Widianto serta Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten membawahi 4 wilayah kerja (Banten, Jakarta, Jabar, dan Lampung) Ir Yusuf Budi Aryanto.

"Kami berharap acara ini menginspirasi stakeholder agar lebih peduli pada potensi-potensi cagar budaya yang belum terpelihara dengan baik, sehingga bermanfaat untuk pembelajaran bagi generasi mendatang," ujarnya pula.

Pada pameran yang digelar oleh UPT Balai Pelestarian Cagar Budaya membawahi daerah Jabar, DKI Jakarta, Banten dan Lampung itu, materi yang disajikan merupakan foto-foto cagar budaya dari empat wilayah tersebut.

Menurutnya, tujuan pameran itu untuk mengenalkan cagar budaya kepada publik terutama guru, mahasiswa, dan pelajar serta pihak yang berkepentingan agar mulai peduli dan memelihara cagar budaya sehingga dapat dinikmati sebagai media pembelajaran pada generasi mendatang.

Dia menyebutkan, di Kota Metro saat ini terdapat 12 gedung dan rumah tinggal yang sudah di-SK-kan oleh Kepala UPT Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten.

Materi-materi yang dipamerkan berupa foto situs di Pugung Raharjo, Lampung Timur; Prasasti Batu Bedil di Tanggamus, Prasasti Palas Pasmah, Makam Radin Inten II, dan Muhamad Hasan di Lampung Selatan; dan cagar-cagar budaya dari wilayah Banten, Jabar, serta DKI Jakarta yang jumlahnya sekitar 200 foto.*
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar