Mensos imbau tidak perlu urbanisasi pascalebaran

id menteri sosial, khofifah indar parawansa,tidak perlu urbanisasi, pascalebaran, ke jakarta

Mensos imbau tidak perlu urbanisasi pascalebaran

Menteri Sosial Kofifah Indar Parawansa (antaranews)

...Hari ini sesungguhnya sentra-sentra ekonomi produktif sudah bisa dibangun di desa-desa," kata, Khofifah...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengimbau masyarakat di desa agar tidak ke kota (urbanisasi) pascalebaran karena saat ini pembangunan juga sudah mulai digiatkan di desa-desa terlebih lagi dengan adanya dana desa dari pemerintah.

" Mensos di sela-sela halal bi halal dengan keluarga besar Kementerian Sosial di Jakarta, Rabu (13/7).

Terlebih lagi, menurut Mensos dengan adanya dana desa dari pemerintah pusat bisa menjadi daya tarik untuk mereka membangun daerahnya.

Setelah lebaran biasanya semakin banyak masyarakat desa yang pindah ke kota-kota besar karena daya tarik ekonomi dan harapan memperoleh kesejahteraan.

Namun tidak semua warga melakukan urbanisasi memiliki keahlian yang dibutuhkan dunia kerja, karena itu saat mereka di kota tanpa pekerjaan yang layak akan menimbulkan masalah sosial seperti pengangguran, gelandangan, pengemis dan lainnya.

Ditambah masalah kepadatan penduduk di kota-kota besar yang juga berdampak pada meningkatnya kebutuhan perumahan, pangan sampai terjadi kemacetan.

"Ini memang sudah tahunan. Dorongan mereka untuk keluar dari desanya adalah untuk menggapai kebahagiaan dan kesejahteraan yang lebih baik," ujar Khofifah.

Di samping itu, daya tarik kota-kota besar seperti Jakarta begitu luar biasa, dimana menurut Khofifah 80 persen uang beredar di ibukota.

"Mereka yang punya 'skill' silahkan berjuang di ibukota. Yang belum punya kemampuan ikuti pelatihan keterampilan untuk bersaing untuk mendapatkan kesejahteraan," tambah dia.