Pemudik melalui Bakauheni naik 10 persen

id pemudik, memalui bakauheni naik, puncak arus mudik, di pelabuhan bakauheni, membludak, arus mudik

Pemudik melalui Bakauheni naik 10 persen

Pemudik yang menggunakan jasa penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni mengalami kenaikan sebesar 10 persen dari tahun sebelumnya (Foto: ANTARA Lampung/Agus Setyawan)

...Ada peningkatan jumlah pemudik dari tahun sebelumnya, ujar Eddy...
Bakauheni, Lampung  (ANTARA Lampung) - Pemudik yang menggunakan jasa penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni mengalami kenaikan sebesar 10 persen dari tahun sebelumnya.

Berdasarkan data Posko Angkutan Lebaran 2016, di Bakauheni, Senin, sejak "H-7" hingga "H-3" Lebaran tercatat sebanyak 202.158 pemudik lebih banyak dari tahun 2015 yang mencapai 180.864 pemudik yang menyeberang ke pelabuhan Merak, Banten.

Kenaikan tidak hanya terjadi pada penumpang pejalan kaki maupun dalam kendaraan, namun jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat (pribadi) juga cenderung mengalami peningkatan.

Peningkatan kendaraan pribadi sejak "H-7" hingga "H-3" Lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah mencapai 13 persen dari tahun sebelumnya.

GM PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Eddy Hermawan mengakui bahwa ada peningkatan jumlah pemudik dari tahun sebelumnya.

"Memang sekitar 10 persen kalau dilihat dari `H-7` hingga `H-3` kemarin," ujarnya.

Mengenai puncak mudik, ia memprediksikan sudah terjadi pada "H-4" lalu dengan jumlah pemudik 47.455 orang. "Tapi, kencenderungannya masih ramai dan berdasarkan data juga pada `H-3` masih tercatat sekitar 46 ribu lebih pemudik yang menyeberang ke Pulau Jawa," tutur dia.

Terkait hal itu, pihaknya juga terus berupaya memberikan pelayanan maksimal guna kelancaran arus mudik lebaran di pelabuhan Bakauheni.

"Loket masih tetap kita operasikan sebanyak delapan unit agar tidak menghambat pemudik yang akan menyeberang ke Pulau Jawa," ucapnya.

Sementara pantauan di pelabuhan Bakauheni, dua hari menjelang (H-2) lebaran 2016 pemudik baik pejalan kaki maupun yang menggunakan kendaraan cenderung mengalami penurunan.

Menanggapi penurunan jumlah pemudik pada "H-2" Lebaran Idul Fitri 1437 H/2016 M. "Ya memang terlihat lebih menurun, tapi tidak signifikan. Mungkin pemudik yang baru melaksanakan mudik pada hari ini lebih pada masyarakat yang tidak jauh tujuannya," imbuh Eddy.

Data Posko Angkutan Lebaran 2016 di Pelabuhan Bakauheni pada "H-3" yang tercatat hingga pukul 08.00 WIB sebanyak 46.174 pemudik telah diseberangkan ke Pelabuhan Merak, Banten. (Ant)