Pemudik Pelabuhan Bakauheni naik enam persen

id pt asdp cabang bakauheni, kantor asdp, bakauheni lampung selatan

Pemudik Pelabuhan Bakauheni naik enam persen

Kantor PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni Lampung. (FOTO: ANTARA Lampung/Budisantoso Budiman)

...Peningkatan pemudik hanya pada kisaran ratusan, bahkan untuk pejalan kaki peningkatannya sekitar 100 hingga 200 orang saja, ujarnya...
Bakauheni, Lampung (ANTARA Lampung) - Pemudik yang melalui Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Minggu, mengalami peningkatan sebesar 6,1 persen dibandingkan waktu yang sama jelang lebaran tahun sebelumnya.

"Jumlah pemudik yang menyeberang Selat Sunda ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni ke Merak tahun ini sejak H-12 hingga H-4 melebihi sebelumnya atau mencapai 271.955 orang pemudik," kata GM PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Eddy Hermawan di Bakauheni, Minggu (3/7).

Menurut dia, jumlah pemudik tersebut terdapat selisih sekitar 15 ribu dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Tahun ini lebih didominasi oleh kendaraan pribadi, bahkan pada H-4 kemarin pejalan kaki terdata hanya sebanyak 3.634 pemudik," ujarnya.

Kepadatan penumpang di Pelabuhan Bakauheni diperkirakan akan terjadi saat arus balik usai Lebaran 2016.

"Saat mudik lebaran memang akan lebih besar penumpang dari Pelabuhan Merak yang menuju Bakauheni," ujarnya.

Terkait puncak mudik di Pelabuhan Bakauheni, Eddy mengatakan, perbedaan jumlah pemudik tidak terlalu signifikan peningkatannya.

"Peningkatan pemudik hanya pada kisaran ratusan, bahkan untuk pejalan kaki peningkatannya sekitar 100 hingga 200 orang saja," ujarnya.

Namun, ia melanjutkan, untuk pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi cenderung lebih banyak dari tahun sebelumnya.

"Pemudik berkendaraan pribadi dari tahun sebelumnya memang lebih banyak tahun ini, tapi kalau dilihat peningkatan dari hari sebelumnya juga tidak signifikan," ucapnya.

Berdasarkan data posko angkutan Lebaran 2016 di Bakauheni, jumlah pemudik yang melalui Pelabuhan Bakauheni untuk menyeberang ke Merak, pada Minggu malam hingga pukul 20.00 WIB mencapai 24.509 pemudik baik pejalan kaki maupun dalam kendaraan. ***1***

(AS*B014)

(T.B014/B/F003/F003) 03-07-2016 22:44:28