Bupati kritisi lambatnya peremajaan angkutan lebaran

id bupati lamsel tinjau bakauheni, arus mudik, moda angkutan lebaran, pelabuhan bakauheni

Bupati kritisi lambatnya peremajaan angkutan lebaran

Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan saat menijau Pelabuhan Bakauheni, Minggu (3/7) dini hari. (Foto: ANTARA LAMPUNG/Agus Setyawan)

...Saya lihat masih banyak bus-bus tua yang masih beroperasi, ini sangat membahayakan penumpang, apalagi kondisi kaca juga sudah pecah dan buram, kata Zainudin...
Bakauheni, Lampung  (ANTARA Lampung) - Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan mengkritisi lambatnya Pemerintah Provinsi Lampung merestrukturisasi atau meremajakan armada angkutan Lebaran 2016.

"Saya lihat masih banyak bus-bus tua yang masih beroperasi, ini sangat membahayakan penumpang, apalagi kondisi kaca juga sudah pecah dan buram," kata Bupati saat meninjau Pelabuhan Bakauheni, Minggu dini hari.

Menurut dia, pihaknya dan ASDP ke depan akan mendorong peremajaan tersebut sehingga tidak ada lagi kecelakaan yang disebabkan oleh ketidaklayakan armada tersebut.

"Kita tadi juga lihat, ada beberapa bus pengangkut penumpang yang tidak dilengkapi stiker angkutan mudik atau tanda bahwa kendaraan itu laik jalan," katanya.

Ia berharap ke depan tidak ada lagi bus tua yang beroperasi sehingga dapat memberikan kenyamanan kepada para penumpang.

"Semua harus baik sehingga tidak ada lagi kejadian yang disebabkan oleh kendaraan yang tidak layak digunakan," kata dia.

Zainudin juga meminta bus yang sudah penuh segera melanjutkan perjalanan menuju Terminal Rajabasa, Bandarlampung.

"Jangan tunda-tunda bagi bus yang sudah penuh agar langsung jalan sehingga tidak menumpuk di satu tempat," katanya.

Lebih lanjut, Zainudin juga meminta jajarannya untuk memasang tarif pada bus yang beroperasi di Terminal Pelabuhan Bakauheni tersebut sehingga masyarakat dapat melakukan perjalanan mudik dengan baik.

Terkait arus mudik di pelabuhan Bakauheni, adik Ketua MPR Zulkifli Hasan itu mengatakan, pihak ASPD Bakauheni sudah melakukan yang terbaik sehingga tidak menjadi keluhan pemudik.

"Alhamdulillah, semua terlayani dengan baik sehingga tidak ada kemacetan berarti," ujarnya.

Mengenai pemudik yang bermalam, Zainudin mengatakan, pihak ASDP akan melakukan perbaikan pada ruang istirahat pemudik.

"Mereka menginap karena sengaja menunggu pagi dan ada yang tidak mau melanjutkan perjalanan malam akibat angkutan menuju ke kediamannya sudah tidak ada lagi," katanya.***1***

(H009*AS)

(T.H009/B/Y008/Y008) 03-07-2016 10:14:26