Berolahraga saat puasa dianjurkan sebelum waktu berbuka

id bersepeda olahraga saat puasa

Berolahraga saat puasa dianjurkan sebelum waktu berbuka

Ilustrasi olahraga bersepeda (ist)

...Waktu terbaik untuk berolah raga, baik olah raga kardio maupun latihan beban adalah kira-kira satu jam sebelum waktu berbuka puasa, kata Adhitya...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Berolah raga saat menjalankan ibadah puasa dianjurkan dilakukan setidaknya satu jam sebelum waktu berbuka karena tubuh sudah beradaptasi dalam membakar lemak.

"Waktu terbaik untuk berolah raga, baik olah raga kardio maupun latihan beban adalah kira-kira satu jam sebelum waktu berbuka puasa. Bagi Anda yang ingin mengurangi lemak tubuh, kardio di waktu ini sangat dianjurkan," kata general manajer salah satu tempat olahraga dalam ruangan di Jakarta, Adhitya Lesmana di Jakarta, Jumat (24/6).

Untuk pembentukan otot, ucapnya, waktu sebelum buka puasa adalah waktu yang paling optimal untuk membentuk otot karena kadar testosterone dalam tubuh paling tinggi pada waktu tersebut.

Menurut Adhitya Lesmana, olah raga yang dapat dilakukan untuk menyegarkan dan menjaga berat badan adalah lari atau bersepeda.

Yang penting untuk diperhatikan saat menjalani olahraga saat berpuasa, tutur dia, adalah jenis olah raga, waktu dan durasi disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi tubuh.

"Yang perlu diingat adalah asupan karbohidrat yang cukup pada saat jeda sebelum berolah raga atau setelah berolah raga. Air kelapa, pisang atau kurma cukup ringan untuk dikonsumsi selama puasa namun cukup memberikan asupan karbohidrat," kata General Manajer Ride itu.

Ia mengingatkan berolah raga pada siang hari saat berpuasa sebaiknya dihindari karena setelah berolah raga tubuh tidak mendapat asupan protein.

"Tanpa asupan protein yang cukup, justru penguraian ototlah yang akan terjadi. Tidak hanya itu, olah raga siang hari menyebabkan dehidrasi," katanya.

Adhitya mengatakan puasa bukan alasan untuk tidak melakukan olah raga karena saat berpuasa tubuh menggunakan cadangan lemak yang ada di dalam tubuh untuk membentuk energi.

Untuk masyarakat yang melakukan olah raga dengan intensitas tinggi, katanya, selama berpuasa juga lebih baik melakukan kebiasaan tersebut untuk menjaga ritme tubuh. (Ant)