Aktris Anne Hathaway sebagai duta PBB

id Artis,Aktris Anne Hathaway sebagai duta PBB

Aktris Anne Hathaway sebagai duta PBB

Anne Hathaway (laineygossip.com)

New York (Antara/Reuters) - Aktris pemenang piala Oscar asal Amerika Serikat Anne Hathaway terpilih sebagai duta Program Perempuan pada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yaitu bertugas mengadvokasi ketidaksetaraan beban yang ditanggung oleh perempuan saat mengasuh anak di rumah, demikian kata PBB pada Rabu.
        
Perempuan di seluruh dunia dinilai tengah mengalami problem "hukuman menjadi ibu".
        
Ungkapan itu merujuk pada masalah yang dihadapi perempuan saat memiliki anak, misalnya saja, mereka dapat kehilangan penghasilan dan kesempatan bekerja, ungkap lembaga itu.
        
Program PBB untuk Perempuan merupakan lembaga yang bertujuan untuk mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan ekonomi bagi kaum hawa.
        
Lembaga tersebut hendak menunjukkan bahwa pengasuhan anak merupakan tanggung jawab bersama bagi ibu dan bapak, kata Phumzile Mlambo-Ngcuka, Direktur Pelaksana Program PBB untuk Perempuan.
        
"Prasangka semacam itu menjadikan figur bapak kesulitan meluangkan waktunya mengurus anak karena akan dinilai jauh dari sosok ideal 'laki-laki pencari nafkah', terlebih angkatan kerja campuran, sosok itu kehilangan tempatnya," tambahnya.
        
Hathaway yang meraih juara Academy Award pada 2013 atas perannya dalam film "Les Miserables" merupakan pendukung kesetaraan hak asasi perempuan.
        
Duta perempuan PBB itu akan mempromosikan sejumlah kebijakan, antara lain terkait isu biaya pengurusan anak yang terjangkau, serta cuti melahirkan dan mengurus anak, terang Mlambo-Ngcuka.
        
"Demi meningkatkan peluang kesetaraan untuk perempuan, kami membutuhkan seorang duta dengan tingkat intelektual mumpuni dan keinginan untuk mengatasi masalah kompleks ini. Saat bertemu Anne, saya menyadari, kami telah menemukan duta untuk para perempuan," ungkapnya.
        
Hathaway banyak dikenal atas perannya dalam film "The Devil Wears Prada," "Brokeback Mountain," dan "The Dark Knight Rises,", ia juga sempat menjadi pembawa acara bersama aktor James Franco dalam perhelatan Academy Awards pada 2011.
        
Aktris itu pernah menjadi duta untuk Yayasan Nike, berkeliling mengunjungi Kenya dan Ethiopia dalam misi meningkatkan kesadaran atas isu pernikahan anak-anak.
        
Ia turut menjadi pengisi suara dalam "Girl Raising," film dokumenter tentang edukasi perempuan yang dibuat oleh CNN.
       
"Saya merasa terhormat dan terinspirasi oleh kesempatan untuk terlibat dalam misi kesetaraan gender," kata Hathaway.
        
Aktris lain yang turut menjadi duta PBB diantaranya, Angelina Jolie untuk lembaga pengungsi dan pencari suaka (UNHCR), serta Ashley Judd, duta Yayasan Kependudukan PBB (UNFPA).