Piala Amerika: Brasil gilas Haiti 7-1

id brasil gilas haiti 7-1, piala amerika, penyishan grup

Piala Amerika: Brasil gilas Haiti 7-1

Tim Brasil menggilas tim Haiti 7-1 pada babak penyisihan Grup Piala Amerika 2016 di Stadion Camping World Orlando Florida Amerika Serikat, Rabu malam waktu setempat atau Kamis (9/6). (Reuters/Kim Klement)

Jakarta (ANTARA Lampung) - Tim Brasil menggilas tim Haiti 7-1 dalam laga babak penyisihan Grup B kejuaraan sepak bola Piala Amerika 2016 di Stadion Camping World Orlando Florida Amerika Serikat, Rabu malam waktu setempat atau Kamis.

Keberhasilan Brasil mengoleksi tujuh gol, seperti dipantau Antara di Jakarta, menempatkan tim Samba sebagai pemimpin klasemen sementara Grup B dengan empat poin di atas tim Peru yang meraih tiga poin.

Kemenangan pertama Brasil pada Piala Amerika ke-100 itu sekaligus menjadi torehan trigol pertama Piala Amerika 2016 sejak pertandingan penyisihan pada hari Jumat (3/6). Trigol Brasil tercipta dari pemain sayap Philippe Coutinho dan sekaligus menjadi catatan trigol pertamanya pada pertandingan internasional.

Brasil, yang meraih hasil imbang 0-0 saat melawan Ekuador, tampil sangat menekan pertahanan tim asuhan Patrice Neveu pada babak pertama dan kedua demi lolos putaran perempat final.

Pada 10 menit pertama, dua pemain sayap kanan-kiri Brasil Willian dan Philippe Coutinho, serta gelandang Casemiro langsung mendobrak lini belakang Haiti dengan dua tembakan mengarah ke gawang.

Meskipun tidak menghasilkan gol, serangan awalan itu seakan menjadi "lampu merah" untuk lawan. Itu terbukti pada menit ke-14 saat Coutinho yang tidak terhadang tiga pemain belakang Haiti melesatkan gol pertama di tepi kotak penalti.

Lima belas menit berselang, Gelandang Liverpool itu menggetarkan kembali gawang Johny Placide. Gol kedua Brasil itu berasal dari umpan Jonas Goncalves yang berhasil memancing Placide keluar dari gawangnya.

Brasil menutup paruh pertama laga dengan tambahan satu gol lagi lewat tandukan kepala Renatu Augusto. Gol ketiga itu merupakan kesalahan Placide yang melempar bola justru kepada Daniel Alves yang telah berada di sisi kirinya. Alves pun langsung melambungkan bola dan disambut tandukan kepala Augusto.

Tim Selecao memasuki lapangan babak kedua berbekal kepercaya diri pada babak pertama. Willian dan Coutinho merobek kembali pertahanan tim Les Grenadiers pada 10 menit setelah kick off.

Gabriel Barbosa Almeida yang maju pada sisi kiri masuk kotak penalti Haiti dan melesatkan tembakan dengan kaki kiri. Gol keempat Brasil itu tercipta pada menit ke-59.

Pada menit ke-67, tim negara Amerika Selatan sudah seakan tidak terkejar oleh tim negara Karibia itu dengan kedudukan 5-0. Adalah Lucas Rafael Araujo Lima yang menggantikan Casimoro menerima umpan matang dari sisi lapangan oleh Daniel Alves. Sepakan Lucas berbuah manis bagi tim Brasil.

Haiti mencoba memperkecil ketertinggalan dengan satu gol oleh pemain bernomor punggung 14 James Marcelin. Bola yang tidak tertangkap penjaga gawang Alisson berujung satu gol untuk Haiti setelah Marcelin tidak terperangkap "offside".

Sayangnya, tim asuhan Dunga itu melenyapkan mimpi Haiti untuk memperkecil kekalahan di AS pada menit ke-86 berkat Renato Augusto yang mencuri bola dari pertahanan Haiti. Tendangan keras Augusto tepat berada di kotak penalti.

Coutinho mengantarkan pesta gol Brasil 7-1 sekaligus menutup dominasi timnya pada babak kedua dengan tendangan jauh di luar kotak penalti.

Hasil pertandingan itu sekaligus menempatkan tim Haiti pada posisi juru kunci sementara Grup B karena belum meraih satu poin pun dari dua laga penyisihan.