Pemkot: Kebutuhan Daging Warga Bandarlampung Ramadhan-lebaran Tercukupi

id stok daging aman, ramadahan dan lebaran, kota bandarlampung, kadishutbun. agustini, pedagang daging sapi

Pemkot: Kebutuhan Daging Warga Bandarlampung Ramadhan-lebaran Tercukupi

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung memprediksi kebutuhan daging sapi warga kota itu selama bulan Ramadhan hingga Lebaran 1437 Hijriah akan tercukupi.(FOTO:ANTARA Lampung/Ist)

...Kebutuhan daging sapi di Kota Bandarlampung dipasok dari sejumlah wilayah di Provinsi Lampung sehingga kebutuhan daging akan terpenuhi hingga Lebaran, kata Agustini...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung memprediksi kebutuhan daging sapi warga kota itu selama bulan Ramadhan hingga Lebaran 1437 Hijriah akan tercukupi.

"Kebutuhan daging sapi di Kota Bandarlampung dipasok dari sejumlah wilayah di Provinsi Lampung sehingga kebutuhan daging akan terpenuhi hingga Lebaran," kata Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Kehutanan dan Perternakan (Disnakbunhut) Kota Bandarlampung, Agustini di Bandarlampung, Rabu.

Dia mengatakan untuk tahun 2016, pasokan daging di Kota Bandarlampung tidak akan mengalami kekurangan, meskipun diprediksi permintaan akan mengalami peningkatan dari tahun 2015 sebesar sekitar 10 persen.

"Tahun lalu kita mempunyai persediaan 500 sapi, untuk tahun ini akan ditingkatkan 10 persen sebagai antisipasi jika ada lonjakan permintaan," kata dia.

Pihaknya pun akan melakukan inspeksi ke sejumlah pasar, guna memantau harga daging dan akan dilakukan dalam waktu dekat sebagai upaya mengontrol harga agar tidak mengalami kenaikan.

Selain itu, pihaknya pun akan rutin mengecek kesehatan hewan sebab dikhawatirkan menjelang Ramadhan, daging sapi akan dicampur daging celeng oleh oknum yang hanya ingin mengejar keuntungan.

"Kami khawatir daging nanti dicampur, oleh sebab itu sudah ada tim khusus yang melakukan pemantauan dan ini bekerja sama dengan instansi terkait," katanya.

Wali Kota Bandarlampung Herman HN menyatakan hal yang sama bahwa stok daging untuk "Kota Tapis Berseri" itu sudah aman bahkan lebih dari cukup.

"Stok daging di pasar sudah diantisipasi sejak sebulan lalu, dan akan aman hingga Lebaran usai," katanya.

Dia mengatakan dirinya pun telah memerintahkan instansi terkait untuk membentuk tim pengawasan harga serta memantau peredaran daging, jangan sampai mahal serta tercampur dengan daging celeng.(Ant)