Kepiting Merah kembali penuhi Pantai California

id Kepiting Merah kembali penuhi Pantai California

Kepiting Merah kembali penuhi Pantai California

Gregg Adler melangkah hati-hati melalui pantai yang dipenuhi kepiting di pulau Balboa Newport Beach, California, Selasa waktu setempat. (nationalpost.com)

Los Angeles, California  (Antara/Reuters) - Sekumpulan satwa bercangkang yang disebut dengan nama kepiting merah terdampar di pantai untuk yang kedua kali berturut-turut tiap tahun sepanjang garis pantai California Selatan.
         
Fenomena itu berhubungan dengan arus laut yang lebih hangat di pantai, menurut para ilmuwan kelautan.
         
Sekumpulan kepiting merah yang mati ataupun sekarat ditemukan menyelimuti pasir di sejumlah pantai San Diego dan Orange County, termasuk pantai Imperial, Huntington dan Newport sejak pertengahan minggu lalu.
         
Kepiting itu biasanya ditemukan di perairan Meksiko, lepas pantai selatan dan pusat Semenanjung Baja, namun arus yang menghangat membawa satwa bercangkang itu ke arah utara dan mendekati pantai, menurut para ilmuwan.
        
Kejadian serupa terakhir yang juga menunjukkan sekumpulan besar kepiting merah yang terdampar terjadi Juni lalu di sepanjang pantai San Diego hingga Orange County, bersamaan dengan adanya dampak cuaca El Nino, yang mengubah suhu dan arus laut di bagian timur Pasifik.
         
Juga dikenal dengan nama kepiting merah pelagic, satwa berwarna seperti salmon itu mirip dengan lobster kecil atau udang karang, dengan ukuran sepanjang 2,5 hingga 7,5 sentimeter.
         
Mereka merupakan sumber nutrisi utama bagi sejumlah spesies ikan tuna, yang memberikan nama umum kepada kepiting itu. Satwa laut itu memiliki nama ilmiah Pleuroncodes Planipes.
         
Tidak seperti sebagian besar jenis kepiting lainnya, mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka memakan fitoplankton sembari berenang bebas di laut terbuka daripada berjalan di dasar laut, meskipun spesies yang telah dewasa akan lebih suka berada di dasar laut, menurut Institus Ilmu Kelautan Scripps di San Diego. Karena mereka tinggal di kolom air, kepiting itu dapat terbawa angin, ombak dan arus.
         
Linsey Sala, seorang ilmuwan dari Scripps, mengatakan bahwa arus kepiting merah terbaru ini tampak menunjukkan bahwa terdapat jumlah besar kepiting merah di perairan lepas pantai California Selatan selama beberapa tahun.
         
Para ilmuwan menganjurkan bahwa kepiting itu tidak aman untuk dikonsumsi karena hewan itu kemungkinan telah memakan plankton yang mengeluarkan racun.