Prajurit Kodim 0427 Waykanan Jalani Tes Urine

id kodim 0427 waykanan, letkol inf edy prayitno, tes urine kodim waykanan

Prajurit Kodim 0427 Waykanan Jalani Tes Urine

Komandan Kodim 0427 Waykanan Letkol Inf Edy Prayitno sedang mengamati sampel urine para prajurit yang menjalani tes urine di Kodim setempat, Selasa (17/5) (Foto Antaralampung.com/Emir FS)

...Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk penyuluhan kepada TNI dan PNS di Kodim 0427 Waykanan agar tidak sampai terjerumus," tegas Letkol Edy.
Waykanan, Lampung (Antara Lampung) - Ratusan prajurit Komando Distrik Militer (Kodim) 0427 Waykanan, Senin, mengikuti penyuluhan dan sekaligus menjalani tes urine di Aula Makodim setempat.

Tes ini merupakan bagian dari upaya pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) yang ada di Satuan Kodim 0427 Waykanan, kata Komandan Kodim 0427 Waykanan Letkol Inf Edy Prayitno.

Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap triwulan sekali, untuk menimalisir adanya anggota yang terlibat narkoba akibat pergaulan yang tidak benar.

Dengan adanya tes urine setiap triwulan dapat menekan angka pengguna narkoba di kalangan TNI AD. Hal ini merupakan langkah konkrit Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo agar tidak ada lagi anggota yang terjerat kasus narkoba.

"Bila ada anggota yang terlibat narkoba maka akan langsung diselidiki apakah dia habis mengonsumsi obat atau benar-benar murni menggunakan narkoba, bila positif menggunakan narkoba akan langsung diberhentikan," ujar Dandim.

Kegiatan ini, katanya, merupakan langkah TNI AD agar jangan sampai jaringan maupun pengaruh negatif narkoba merasuk ke jajaran internal Kodim 0427/Waykanan. Bukan hanya prajurit, PNS di lingkungan Kodim juga turut dilakukan tes urine.

"Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk penyuluhan kepada TNI dan PNS di Kodim 0427 Waykanan agar tidak sampai terjerumus, karena saat ini khususnya kasus narkoba sudah sangat mengkhawatirkan," tegas Letkol Edy.

Menurut Dandim, tes urine ini juga sebagai tindaklanjut Instruksi Panglima TNI yang menegaskan jika setelah Juni 2016 masih ada anggota TNI yang terlibat narkoba maka komandannya yang akan langsug dipecat.

Langkah TNI untuk memerangi narkoba juga melalui sosialisasi hingga ke tingkat kelurahan atau kampung dan sekolah, salah satunya dengan menjadi pembina upacara di setiap sekolah di setiap wilayah masing-masing.

"Setiap komandan Koramil menjadi pembina saat upacara di sekolah, juga menjadi langkah untuk menekan angka penggunaan narkoba di kalangan pelajar,” katanya.

Edy Prayitno mengharapkan agar seluruh anggota dan prajurit ikut memerangi narkoba serta melakukan sosialisasi ke masyarakat dan pelajar agar tidak ada yang terjerumus untuk menggunakan narkoba, karena narkoba merupakan musuh bangsa, selain dapat merusak generasi bangsa, narkoba juga bisa menyebabkan kematian.(Ant)

 
Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar