SMA Kebangsaan Terbaik UN se-Lampung Selatan

id sma kebangsaan lamsel,

SMA Kebangsaan Terbaik UN se-Lampung Selatan

Ketua Dewan Pembina SMA Kebangsaan Zulkifli Hasan foto bersama pada perpisahan siswa kelas XII di SMA Kebangsaan, di Desa Pisang Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan Minggu (15/5) (FOTO: ANTARA Lampung/Agus Wira Sukarta)

...Kami akan menjadikan sekolah ini sebagai salah satu yang terbaik di Tanah Air, bahkan mungkin di dunia...
Lampung Selatan (ANTARA Lampung) - Sekolah Menengah Atas (SMA) Kebangsaan, Lampung Selatan secara umum merupakan terbaik nilai Ujian Nasional tahun 2016 se-kabupaten setempat.

"Berdasarkan data dari Kepala Sekolah SMA Kebangsaan, enam dari 10 nilai terbaik se-Lampung Selatan berasal dari SMA ini," kata Ketua Dewan Pembina SMA Kebangsaan Zulkifli Hasan, pada perpisahan siswa kelas XII di SMA Kebangsaan, Desa Pisang Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan.

Ia menyebutkan prestasi itu sangat membanggakan mengingat sekolah itu baru tiga tahun berdiri. Selain prestasi akademik beberapa kegiatan di luar sekolah atau ekstrakulikuler, SMA Kebangsaan juga menjadi juara.

Menurutnya, pembangunan bidang pendidikan menjadi satu keharusan, karena pendidikan tidak hanya menjadikan peserta didik menjadi cerdas melainkan juga mempunyai budi pekerti dan sopan santun. Sehingga keberadaannya sebagai anggota masyarakat menjadi bermakna baik bagi dirinya maupun masyarakat pada umumnya.

"Selain akademik, siswa juga diberikan pendidikan akan pentingnya cinta tanah air serta empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika yang menjadi `roh` SMA ini," jelasnya.

Zulkifli Hasan yang juga Ketua MPR RI itu mengatakan bahwa ke depan pihaknya akan mengembangkan sekolah yang berbasis dengan alam atau sekolah seperti resort dengan berbagai fasilitas pendukungnya yang memadai.

Menurutnya, siswa dapat belajar tentang potensi alam yang ada di Lampung Selatan, seperti agrobisnis, wisata, peternakan, perikanan, pertanian, dan lain-lain. Pengembangan lainnya juga akan menjadikan sekolah itu sebagai destinasi pendidikan, wisata agro, tanaman, taman dan buah-buahan serta potensi lainnya.

"Kami akan menjadikan sekolah ini sebagai salah satu yang terbaik di Tanah Air, bahkan mungkin di dunia," jelasnya.

Ia juga dalam kesempatan itu mengatakan pembangunan pendidikan saat ini masih dihadapkan berbagai masalah. Seperti akses pendidikan yang belum menjangkau seluruh lapisan masyarakat secara merata dan memadai, peningkatan mutu, hingga belum tersedianya fasilitas dan sumber daya manusia yang memadai.

Di sisi lain, pihaknya baru bisa menampung siswa sebanyak 243 siswa mulai kelas X hingga XII. Sedangkan pada tahun ini menerima siswa baru sebanyak 102 orang berdasarkan hasil seleksi yang cukup ketat.

"Siswa dari Lampung Selatan terbanyak diterima di sekolah ini. Sisanya dari kabupaten/kota lainnya di Lampung dan provinsi lain," jelasnya.

Ketua Umum PAN itu menjelaskan siswa yang diterima di SMA Kebangsaan merupakan siswa pilihan dari rangkaian hasil tes yang mereka jalani. "Tidak ada siswa titipan semuanya hasil tes," tambahnya.

Kepala Sekolah SMA Kebangsaan Edy Purwito mengatakan secara umum nilai UN SMA Kebangsaan terbaik se-Lampung Selatan kategori rata-rata sekolah nilai matematika, IPA, dan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

"Dari sepuluh besar, siswa SMA Kebangsaan menempati peringkat 2 hingga 8," jelasnya.

Selain akademik, lanjut dia, prestasi lainnya menjadi juara diberbagai kegiatan ekstrakulikuler baik tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional.

Ia menambahkan siswa SMA Kebangsaan yang lulus Ujian Nasional tahun 2016 sebanyak 58 orang dan merupakan lulusan pertama sekolah ini.(Ant)