Kopi Indonesia menangi trofi di kompetisi internasional

id kopi indonesia menangi dua trofi, kompetisi kopi internasional, melbourne international coffee expo (mice) 2016, pt tanamera kopi indonesia

Kopi Indonesia menangi trofi di kompetisi internasional

Salah satu produk kopi Indonesia (FOTO ANTARA/Ilustrasi/Dok)

...Dari 20 jenis kopi yang kami bawa, 13 di antaranya memenangi penghargaan. Ini merupakan kemajuan bagi industri kopi Tanah Air," kata John...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Indonesia berhasil memenangi dua trofi utama dan beberapa medali dalam ajang "Melbourne International Coffee Expo" (MICE) 2016, melalui sajian biji kopi asli Indonesia seperti Malabar dari Jawa Barat dan Solok dari Sumatera Barat yang disajikan oleh PT Tanamera Kopi Indonesia dalam ajang tersebut.

"Keberhasilan Tanamera dalam ajang ini telah membantu diakuinya Indonesia sebagai salah satu negara produsen kopi premium terbaik di dunia," ujar salah satu direktur Tanamera, John Lee di Jakarta, Selasa sore.

Kompetisi tahunan yang diadakan oleh "Royal Agricultural Society of Victoria" (RSAV) dan secara khusus menilai kopi berdasarkan kualitas dan konsistensi pemanggangan (roasting) tersebut diikuti oleh 658 entri dari berbagai negara seperti Australia, Kanada, Hong Kong, Indonesia, Korea, Malaysia, Selandia Baru, Singapura, Inggris, dan Amerika Serikat.

Tanamera sebagai wakil Indonesia berhasil meraih dua trofi terbaik dalam ajang tersebut yakni "Champion International Roaster" dan "Champion Filter Coffee", selain penghargaan lain seperti satu medali emas, lima medali perak, serta tujuh medali perunggu.

"Dari 20 jenis kopi yang kami bawa, 13 di antaranya memenangi penghargaan. Ini merupakan kemajuan bagi industri kopi Tanah Air," kata John.

Prestasi tersebut, menurut dia, sesuai dengan misi Tanamera untuk hanya memasarkan kopi asli Indonesia melalui kerja sama dengan para petani lokal.

Sejak dibuka pada 2013, perusahaan gerai kopi tersebut telah menjalin kerja sama penjualan langsung (direct trading) dengan enam petani kopi  lokal yang tersebar di daerah Gayo (Aceh), Flores (Nusa Tenggara Timur), Toraja (Sulawesi Selatan), dan Jawa Barat.

Tanamera juga berupaya mengedukasi para petani kopi untuk meningkatkan kualitas produknya melalui metode yang tepat dan bantuan fasilitas produksi serta alat-alat pemrosesan.

"Mendukung dan menjalin kerja sama dengan petani lokal merupakan kunci memperkenalkan kopi terbaik Indonesia di pasar internasional," kata John.

Setelah memiliki dua gerai kopi di kawasan Jakarta Pusat dan Serpong, Banten, Tanamera berencana membuka dua cabang tambahan di Jakarta pada Juni mendatang, serta satu gerai baru di Inggris pada 2017.(Ant)