Lampung Timur Tunggu Revisi PP 12

id tnwk lampung timur, destinasi wisata, atraksi gajah tnwk, sukatmoko

Lampung Timur Tunggu Revisi PP 12

Ilustrasi atraksi gajah Taman Nasional Way Kambas (TNWK) (ist)

...Dalam PP No. 12 Tahun 2014 hanya mengatur tentang tarif masuk pengunjung dan tarif kendaraan, sementara tarif hiburan gajah belum diatur dalam PP tersebut...
Lampung Timur  (ANTARA Lampung) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lampung Timur masih menunggu revisi PP No 12 tahun 2014 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak agar Taman Nasional Way Kambas bisa segera dimanfaatkan sebagai objek wisata.

Dalam PP No. 12 Tahun 2014 hanya mengatur tentang tarif masuk pengunjung dan tarif kendaraan, sementara tarif hiburan gajah belum diatur dalam PP tersebut.

Kepala Bidang Pemasaran pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lampung Timur, Mansyur Syah, di Sukadana, Senin mengatakan salah satu kendala pengelolaan TNWK adalah Peraturan Pemerintah No. 12 Tahun 2014 itu.

"Salah satu kendalanya PP No 12 tahun 2014 itu, kami berharap PP itu secepatnya bisa direvisi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sehingga bisa lebih cepat Way Wambas dinikmati pengunjung seperti atraksi gajah yang telah dihentikan," ujarnya.

Meskipun begitu, menurut dia pihaknya tengah menyusun konsep pengembangan wisata Way Kambas guna mewujutkan cita-cita Bupati Lampung Timur yang ingin menjadikan Way Kambas sebagai destinasi wisata berskala nasional dan internasional.

"Pertama ialah sinergitas antarinstansi terkait, keterpaduan dan investasi pengelolaan wisata Way Kambas oleh pihak swasta," katanya.

Dari sisi sinergitas antarinstansi menurutnya, semua pihak telah memberikan dukungannya guna pengembangan wisata di TNWK.

Sedangkan dari konsep keterpaduan, menurutnya pengembangan wisata di Way Kambas tidak akan mengganggu sisi konservasi yang selama ini telah ada di dalamnya.

"Karena konsep wisata yang diusung adalah ekowisata," katanya.

Mansyur menambahkan, pihaknya optimistis dapat mewujudkan taman wisata berbasis ekowisata itu di Taman Nasional Way Kambas.

Sebelumnya, Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim mengungkapkan keinginanya menjadikan Taman Nasional Way Kambas sebagai destinasi wisata unggulan, baik nasional maupun internasional, mengingat selama ini telah terkenal dan banyak pengunjungnya.

"Kami ingin membangun Way Kambas, ingin membuatnya menjadi destinasi wisata nasional dan internasional, kami akan melakukan perbaikan-perbaikan, akan mengurai masalah-masalah yang ada di dalamnya," ujar Chusnunia, di Lampung Timur.

Menurut Chusnunia, Taman Nasional Way Kambas (TNWK) merupakan ikon Kabupaten Lampung Timur, dan selama ini telah ramai dikunjungi serta dikenal luas oleh masyarakat baik nasional maupun internasional.(Ant)