Pemrov Lampung Dorong Unila Bentuk Prodi Pariwisata

id sekdaprov lampung, arinal djunaidi, lantik pejabat, sekprov arinal-djunaidi

Pemrov Lampung Dorong Unila Bentuk Prodi Pariwisata

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Arinal Djunaidi (lampungprov.go.ig)

...Diharapkan nantinya tidak hanya memperoleh gelar semata, tetapi harus mampu menciptakan kreatifitas dan karya bagi pengembangan pariwisata di Provinsi Lampung, kata Arinal Djunaidi...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung mendorong Universitas Lampung (Unila) membentuk program studi kepariwisataan untuk memperkuat pembangunan sektor tersebut.

"Diharapkan nantinya tidak hanya memperoleh gelar semata, tetapi harus mampu menciptakan kreatifitas dan karya bagi pengembangan pariwisata di Provinsi Lampung," kata Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Arinal Djunaidi di Lampung, Rabu.

Ia juga mengharapkan materi perkuliahan nantiya adalah keilmuan yang dapat segera dipraktikkan secara langsung ketika mahasiswa tersebut telah diwisuda.

Materi pendidikan nantinya berbasis aplikatif, artinya ilmu yang telah diberikan dapat segera diterapkan langsung di lapangan, sehingga dapat segera memberikan kontribusi tersendiri bagi kemajuan perkembangan pariwisata di mana para lulusan bekerja.

Arinal Djunaidi mengatakan Unila sebagai satu lembaga pendidikan dapat memberikan edukasi melalui kajian-kajian ilmiah atau pemahaman kepada pejabat pemerintah di daerah, utamanya bupati dan wali kota, tentang pentingnya sektor pariwisata bagi salah satu penunjang sektor pembangunan.

Rektor Universitas Lampung Hasriadi Mat Akin mengatakan Unila beberapa waktu lalu telah melakukan pembicaraan bersama Kementerian Pariwisata terkait dengan rencana pembentukan program studi pariwisata.

Unila juga saat ini telah menyiapkan rancangan awal pembentukannya, baik dari segi administrasi maupun hal-hal yang bersifat teknis lainnya.

Namun, pihak Unila juga mengharapkan adanya peran Pemerintah Provinsi Lampung dalam kaitannya dengan dukungan penguatan dalam proses administrasi perizinan agar dapat segera diterima oleh pemerintah pusat, yang dalam hal ini pihak Dikti.

Rektor Unila itu juga mengatakan selain dari pembentukan program studi kepariwisataan, pihak Universitas Lampung juga telah memasukkan bidang kepariwisataan sebagai salah satu tema kuliah kerja nyata yang menjadi program kegiatan mahasiswa dalam praktik dan pengabdiannya ketika mereka nanti saat berada di lapangan. (Ant)