Tiga Perempuan Indonesia Raih penghargaan dari DKR

id tiga perempuan indonesia

Tiga Perempuan Indonesia Raih penghargaan dari DKR

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, dan Direktur Utama LPP RRI Rosarita Niken Widiastuti. (Foto: MTVN/ Riyan Ferdianto.)

Jakarta  (ANTARA Lampung) - Tiga perempuan Indonesia, yakni Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri LHK Siti Nurbaya dan Dirut Radio Republik Indonesia Rosarita Niken Widiastuti mendapat penghargaan "International Woman of Change" oleh Dewan Kreatif Rakyat (DKR).

"Kami memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh tersebut karena perannya sebagai perempuan Indonesia dalam membawa perubahan, contohnya Ibu Niken (Dirut LPP RRI) sudah membawa perubahan bukan hanya dari RRI, tetapi dalam dunia 'broadcasting' internasional," kata pendiri sekaligus Ketua Juri International Film Festival for Women, Social Issues and Zero Discrimination (IFFWSZ) Damien Dematra pada Malam Anugerah Penghargaan Perayaan Hari Perempuan Internasional di Gedung RRI Jakarta, Senin.

Damien mengatakan Festival IFFWSZ ini selain untuk merayakan peringatan yang diinisiasi oleh PBB, Dewan Kreatif Rakyat juga ingin memberikan inspirasi terhadap perempuan di Indonesia dan seluruh dunia akan pentingnya kesetaraan gender, kemandirian serta nihilnya diskriminasi melalui penghargaan yang diberikan pada ketiga tokoh perempuan.

Dalam kesempatan yang sama, Dewan Penasihat Dewan Kreatif Rakyat Lili Wahid mengatakan alasan pemilihan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa adalah karena rekam jejaknya yang melakukan perubahan di kalangan perempuan, salah satunya kesempatan mendapat pendidikan yang setara dengan laki-laki sebelum dirinya menjabat Menteri Sosial di Kabinet Kerja.

Selain itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar juga memberikan komitmen dan aksi tanggal yang luar biasa dalam membantu korban, terutama anak-anak yang terdampak asap kebakaran hutan dan lahan di Sumatra dan Kalimantan.

"Menteri LHK Siti Nurbaya juga bersikap tegas kepada perusahaan-perusahaan yang melakukan kebakaran langsung dan tidak langsung," kata Lili.

Selanjutnya, Direktur Utama RRI Rosarita Niken Widiastuti mengatakan kesetaraan gender di Indonesia di era pemerintahan Joko Widodo sudah terlihat dengan memberikan ruang kepada perempuan yang menjabat sebagai menteri.

"Pemerintah saat ini memberikan ruang yang luar biasa kepada perempuan. Periode lalu menteri perempuan hanya ada empat, sekarang ada delapan," kata Dirut yang menjabat sejak 2010 tersebut.

Niken mengatakan hingga saat ini kesetaraan gender masih terus diperjuangkan agar kesempatan perempuan untuk berkiprah di bidang politik, sosial, pertahanan dan keamanan bisa terus dipertahankan. (Ant)