Saudi naikkan harga minyak untuk Eropa dan Asia

id SAUDI NAIKKAN HARGA MINYAK UNTUK EROPA DAN ASIA, arab saudi, minyak

Riyadh, (Antara/AFP) - Arab Saudi, eksportir minyak mentah terbesar di dunia, pada Rabu menaikkan harga minyak untuk penyerahan April ke Asia dan Eropa, tetapi sedikit menurunkan harga untuk pengiriman ke Amerika Serikat.

Langkah ini dilakukan setelah harga minyak membuat beberapa keuntungan dengan minyak mentah Brent North Sea mencapai 37 dolar AS per barel, dan patokan AS minyak mentah light sweet atau WTI menembus 34 dolar AS per barel.

Konglomerat minyak nasional Aramco mengatakan harga minyak mentah Arab light untuk Asia dinaikkan 0,25 dolar AS per barel mulai Maret tetapi tetap 0,75 dolar AS per barel di bawah harga patokan.

Minyak mentah grade (kualitas) "super light" dan "extra light" juga dinaikkan, Aramco mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Asia, terutama Tiongkok, tetap menjadi pasar terbesar untuk Arab Saudi dan mitra-mitranya di Teluk serta telah melihat persaingan yang ketat di pasar yang sedang kelebihan pasokan.

Untuk Eropa barat laut, minyak mentah Arab light naik 0,35 dolar AS per barel, tetapi tetap 4,60 dolar AS per barel di bawah harga patokan, kata pernyataan itu.

Semua grade lainnya dinaikkan 0,20 dolar AS per barel tapi masih tetap jauh di bawah harga patokan, kata Aramco.

Kerajaan sedikit menurunkan harga untuk April semua grade ekspor ke Amerika Serikat sebesar antara 0,20 dolar AS hingga 0,30 dolar AS per barel.

Untuk pengiriman ke Timur Tengah, Riyadh sedikit memotong harga kedua grade tapi mempertahankan dua grade lainnya tidak berubah.
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar