India importir senjata terbesar, AS tetap eksportir utama

id India importir senjata terbesar, AS tetap eksportir utama

India importir senjata terbesar, AS tetap eksportir utama

Pesawat F-35C bersiap di landasan terbang di Pangkalan Udara Edwards (foto diambil pada 2013). ( FOTO : Lockheed Martin/defensenews.com)

Stockholm, Swedia (Antara/AFP) - Perpindahan global persenjataan utama telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, dengan Amerika Serikat meningkatkan dominasi mereka dalam perdagangan itu saat aliran persenjataan ke Afrika, Asia dan Timur Tengah meningkat, menurut sebuah penelitian, Senin.
         
Menurut laporan dari Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI), jumlah perpindahan internasonal senjata utama termasuk perdagangan dan pemberian, lebih tinggi 14 persen pada periode 2011 hingga 2015 daripada periode lima tahun sebelumnya, dengan Amerika Serikat dan Rusia menjadi pemasok terbesar.
         
Sejumlah negara pengimpor terbesar antara lain India, Arab Saudi, Tiongkok dan Uni Emirat Arab.
         
Penulis laporan itu memberikan contoh konflik yang terjadi di Yaman, dimana koalisi pimpinan Arab Saudi mendukung pihak pemerintah untuk melawan pemberontak Huthi Syiah yang didukung oleh Iran.
         
"Sebuah koalisi sejumlah negara Arab menggunakan persenjataan mutakhir yang berasal dari Amerika Serikat dan Eropa di Yaman," kata peneliti senior SIPRI Pieter Wezeman dalam laporan itu.

    
    
Persenjataan Amerika Serikat di 96 negara