Bupati Lampung Barat Ajak Gali Potensi Siswa

id bupati lampung barat, mukhlis basri, gali potensi siswa

Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri (ist)

...Pengenalan potensi anak harus sudah dilakukan sejak dini, sehingga dapat memaksimalkan pengembangan diri mereka, ujar Mukhlis...
Lampung Barat  (ANTARA Lampung) - Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri mengajak para pihak untuk menggali potensi anak atau para siswa sejak dini.

"Pengenalan potensi anak harus sudah dilakukan sejak dini, sehingga dapat memaksimalkan pengembangan diri mereka," ujar Mukhlis, saat dihubungi dari Bandarlampung, Minggu.

Menurutnya, tugas untuk mendeteksi kemampuan atau potensi anak tidak hanya menjadi tanggung jawab para guru pengajar melainkan juga para orang tua, mengingat setiap hari perilaku anak pasti bisa diketahui di rumah.

Karena itu, ia mengharapkan, kegiatan Festival Lomba Seni Siswa Nasional Tingkat Sekolah Dasar (SD) yang diselenggarakan di daerah itu pada Sabtu (13/2), dapat menjadi salah satu ajang pembentukan atau penjaringan bakat anak di bidang seni.

Ia menyatakan kegiatan itu juga bertujuan untuk membina dan meningkatkan kreativitas siswa dalam bidang seni dan sastra serta membina apresiasi khususnya terhadap nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.

"Perlu mengembangkan sikap kompetitif dalam diri siswa yang berwawasan global, sehingga mereka akan mampu bersaing di era modern seperti saat ini," kata dia.

Mukhlis juga telah berpesan agar para pelajar itu walaupun sudah sering mengadakan kegiatan serupa setiap tahun, tetapi diusahakan tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya, dan jangan hanya menjadi acara seremonial melainkan harus memiliki nilai plus dari acara tersebut.

Dia berharap pada semua pihak baik dewan komite, guru serta orang tua dapat terus mendukung kegiatan serupa, sehingga bisa mewujudkan harapan untuk mengetahui jejak atau bakat serta potensi yang dimiliki anak sejak dini.

Kegiatan Festival Lomba Seni Siswa Nasional Tingkat SD berlangsung di Pekon Tribudi Syukur Kecamatan Kebun Tebu pada Sabtu (13/2) yang dihadiri Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri, Ketua DPRD Edi Novial, perwakilan dari Dinas Pendidikan setempat Haryadi sekaligus selaku ketua pelaksananya.(Ant)
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar