Curah hujan di Lampung berkurang akibat El-nino

id bmkg lampung, dampak el-nino

Curah hujan di Lampung berkurang akibat El-nino

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung, Sugiono (ist)

...Dampak El-Nino mengakibatkan curah dan intensitas hujan pada musim penghujan di Provinsi Lampung berkurang 40 hingga 80 persen dibandingkan musim penghujan sebelumnya," kata Sugiono...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Curah hujan di Provinsi Lampung pada musim penghujan saat ini diperkirakan berkurang akibat pengaruh El-Nino.

"Dampak El-Nino mengakibatkan curah dan intensitas hujan pada musim penghujan di Provinsi Lampung berkurang 40 hingga 80 persen dibandingkan musim penghujan sebelumnya," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung, Sugiono, di Bandarlampung, Selasa.

Ia menyebutkan musim penghujan di Provinsi Lampung pada tahun ini masih sangat dipengaruhi dampak dari El-Nino.

Menurutnya, dampak yang diakibatkan oleh badai tropis itu sangat signifikan karena curah dan intensitas hujan secara umum di Provinsi Lampung berkurang hingga 40 persen, bahkan di beberapa wilayah mengalami pengurangan curah hujan sebanyak 80 persen dibandingkan musim penghujan sebelumnya.

"Intensitas hujan di Lampung saat ini hanya sebentar dan tidak begitu lebat, padahal pada saat ini hingga awal Februari mendatang Lampung sedang memasuki puncak musim penghujan," jelasnya.

Akibat turunnya intensitas hujan tersebut lanjutnya, akan sangat mempengaruhi pola tanam di Provinsi Lampung.

Ia menambahkan, selain hujan yang tidak maksimal, pengaruh El-Nino juga mengakibatkan hujan yang diiringi angin kencang. Musim penghujan di Lampung diprediksi akan berlangsung dari bulan Januari hingga April 2016 mendatang. (Ant)