Menkominfo: Pendekatan ekosistem dukung pengembangan SDM

id menteri kominfo,rudi antara,menkominfo rudiantara

Menkominfo: Pendekatan ekosistem dukung pengembangan SDM

Menkominfo Rudiantara (ANTARA FOTO/Audy Alwi)

...Kemkominfo sepanjang 2015 telah melakukan tiga program utama yang terkait dengan pengembangan SDM, kata Rudiantara...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan dalam mendukung pengembangan SDM pihaknya menitikberatkan pada pendekatan ekosistem dengan mengoptimalkan sumber daya pemerintah yang terbatas untuk memperoleh dampak maksimal.

"Kemkominfo sepanjang 2015 telah melakukan tiga program utama yang terkait dengan pengembangan SDM," kata Rudiantara di kantor Kemkominfo, Jakarta, Selasa.

Hal tersebut, ia sampaikan di sela-sela acara "Penyerahan Sertifikasi Lisensi Dari Badan Nasional Sertifikasi (BNSP) Kepada Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP)".

Menurut dia, program pertama yang telah dilakukan adalah pengesahan peraturan Menkominfo mengenai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

"Kedua, penyusunan rancangan SKKNI dengan melibatkan asosiasi industri dan asosiasi profesi," tutur Rudiantara.

Selanjutnya yang ketiga, kata dia, pembinaan individu serta kelembagaan melalui pelatihan dan sertifikasi bagi angkatan kerja muda, instruktur, asesor serta dukungan untuk pembentukan LSP.

Sementara itu, dalam acara tersebut, Kemkominfo melakukan penyerahan sertifikat lisensi kepada lima Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) bidang Kominfo dan satu Panitia Tempat Uji Kompetensi (PTUK).

Dalam acara itu, Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Sumarna F Abdurahman menyerahkan sertifikat kepada LSP Telekomunikasi, LSP Komputer, LSP Public Relations Indonesia, LSP STIKI Malang, dan LSP STIKOM CKI.

Selain itu, BNSP juga menyerahkan surat keputusan Panitia Tempat Uji Kompetensi (PTUK) kepada Sekolah Tinggi MMMTC Yogyakarta.