PKBI Lampung Gelar Rakerda Perkuat Layanan Kespro

id Rakerda PKBI Lampung, PKBI Lampung, Layanan Ramah Remaja, PKBI

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia Provinsi Lampung menggelar Rapat Kerja Daerah III di Bandarlampung, 19--20 Desember, antara lain untuk memperkuat pelaksanaan program pemenuhan layanan hak kesehatan reproduksi bagi kalangan remaja di daerah ini.

Ketua Pengurus Harian Daerah (PHD) PKBI Lampung, Ny Hj Nuraini Effendi, didampingi Direktur Eksekutif PKBI Lampung, Herdi Mansyah AIB, di Bandarlampung, Minggu (20/12), menjelaskan pelaksanaan Rakerda III PKBI Lampung tahun ini bersamaan dengan penguatan kapasitas pengurus harian daerah (PHD) dan pengurus harian cabang (PHC) PKBI se-Lampung, terutama berkaitan dengan Program Layanan Kesehatan Reproduksi (Kespro) Remaja.

"Hampir seluruh cabang PKBI di Lampung melaksanakan kegiatan kespro remaja, dan sesuai pula dengan tema HUT ke-58 PKBI 'Pemenuhan Sexual and Reproductive Health and Rights (SRHR) Dalam Mewujudkan Keluarga Bertanggungjawab'," katanya pula.

Rakerda PKBI Lampung ini, dilaksanakan setahun sekali untuk membahas dan mengevaluasi program kerja tahunan PKBI Lampung serta melakukan evaluasi program kerja pengurus cabang PKBI kabupaten dan kota di Lampung, ujar Nuraini lagi.

Rakerda kali ini, ujarnya pula, secara khusus melakukan telaah organisasi dan program PKBI hingga Desember 2015, merancang program dan kegiatan tahun 2016, memberikan penguatan kapasitas bagi relawan dan pengurus tentang isu kespro, dan peringatan HUT ke-58 PKBI.

Sejumlah isu yang diangkat dan dibahas dalam Rakerda PKBI Lampung ini, di antaranya revitalisasi Program Keluarga Berencana (KB) pada era otonomi daerah yang cenderung terabaikan, pemenuhan hak kespro remaja dengan pemberian layanan ramah remaja di puskesmas dan rumah sakit maupun klinik remaja di seluruh Lampung, Program Laki Laki Peduli (Mencare), pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS, pembinaan anak usia dini/prasekolah maupun kaum lanjut usia, layanan pencegahan dini kanker leher rahim dengan papsmear, dan berbagai pelatihan, seminar, diskusi terkait isu aktual.

Pada rakerda ini, pengurus cabang PKBI dari tujuh daerah (Lampung Selatan, Lampung Timur, Lampung Barat, Lampung Utara, Lampung Tengah, Way Kanan, dan Metro) juga menyampaikan kegiatan yang telah dijalankan pada tahun 2015 serta program yang akan dijalankan tahun 2016.

PHC PKBI Lampung Barat menyampaikan sejumlah kegiatan kepeloporan, antara lain pemilihan Duta Kespro, Mutiaraku Lahir, Satgas Antinarkoba, kampanye antibullying, Sahabat Santri, dan beberapa kegiatan lainnya.

Direktur Eksekutif PKBI Lampung, Herdi Mansyah menyebutkan pula, sejumlah kegiatan telah dijalankan PKBI Lampung, antara lain program kegiatan bagi remaja di sekolah (SMP dan SMA), penanggulangan HIV/AIDS, Mencare di dua wilayah (Bandarlampung dan Lampung Barat), sisipan kurikulum kespro dalam pelajaran di sekolah, klinik papsmear, dan layanan operasi bibir sumbing (kerja sama dengan Smile Trend).

"Layanan kesehatan ramah remaja telah berjalan di 10 puskesmas, satu rumah sakit, dan satu klinik di Bandarlampung," ujar Herdi Mansyah pula.

Dalam rakerda ini juga dibahas perencanaan program 2016, termasuk penguatan pengurus di tingkat daerah dan cabang serta pengembangan organisasi berupa revitalisasi kepengurusan cabang sudah terbentuk namun masih vakum, yaitu PHC PKBI Bandarlampung, maupun rencana pembentukan kepengurusan cabang baru pada 15 kabupaten dan kota di Lampung.