KPU Lampung Selatan Selesaikan Pleno Hasil Pilkada

id kpu lampung selatan, pleno pilkada

Kalianda, Lampung  (ANTARA Lampung) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lampung Selatan telah menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara pemilihan bupati dan wakil bupati pada 9 Desember 2015, dan menetapkan pasangan nomor urut 3, H Zainudin Hasan-Nanang Ermanto, mengungguli calon petahana pasangan Rycko Menoza SZP-Eki Setyanto nomor urut 2.

Informasi dari KPU Lampung Selatan, di Kalianda, Kamis, menyebutkan, rapat pleno perolehan suara hasil pilkada itu telah digelar di aula Grand Elty Krakatao Nirwana Kalianda, Rabu (16/12).

Ketua KPU Lampung Selatan, Abdul Hafidz, menyebutkan, berdasarkan rekapitulasi suara itu, pasangan calon nomor urut 1, Soleh Bajuri-Ahmad Ngadelan Jawawi memperoleh 18.895 suara atau 3,88 persen.

Kemudian, pasangan calon nomor urut 2, Rycko Menoza SZP-Eki Setyanto (Bupati dan Wakil Bupati sebelumnya) meraih suara sebanyak 185.545 atau 38,28 persen.

Perolehan suara terbanyak didapatkan pasangan calon nomor urut 3, H Zainudin Hasan-Nanang Ermanto, yaitu sebanyak 283.122 suara atau 57,82 persen.

"Selisih suara pasangan calon nomor urut dua dan tiga sebanyak 97.577 suara," kata dia lagi.

Hafidz menambahkan, jumlah daftar pemilih tetap di daerah itu sebanyak 727.137 pemilih, dengan 467.121 suara sah dari 1.737 tempat pemilihan suara di seluruh Lampung Selatan.

Rapat pleno tersebut dihadiri seluruh panitia pemilihan kecamatan (PPK) dari 17 kecamatan di Lampung Selatan, sejumlah saksi dan penghubung (LO) dari masing-masing pasangan calon, dengan pengamanan oleh aparat kepolisian dan TNI.