Hal yang Harus Kamu Ketahui tentang Kredit Sepeda Motor

id kredit motor honda, uag muka, kredit motor

Saat ini untuk bisa memiliki sepeda motor memang sangat mudah. Anda yang tidak punya budget besar bisa dengan mudah memiliki sepeda motor saat itu juga. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan membelinya dengan cara kredit.

Dengan cara kredit ini Anda tidak harus menyediakan uang besar untuk melunasinya. Namun dengan uang secukupnya sebagai uang muka dan uang angsuran atau cicilan tiap bulannya, maka Anda pun akan bisa mendapatkan sepeda motor yang Anda inginkan.

Membeli sepeda motor dengan cara kredit memang akan mempermudah kita dalam memperoleh kendaraan dengan cara cepat walau tabungan masih kurang. Banyak orang memilih cara transaksi ini karena kebutuhan akan kendaraan yang mendesak atau demi memenuhi keinginan mendapatkan kendaraan keluaran baru.

Namun sayangnya banyak terjadi hal-hal yang buruk pada beberapa orang saat mengambil kredit motor ini. Beberapa yang umum terjadi adalah terjadinya masalah dalam proses pelunasan kredit sehingga menyebabkan kredit macet.

Kredit macet ini tentu akan membuat Anda rugi besar karena selain Anda akan kehilangan motor yang sudah Anda cicil, Anda juga tidak dapat menerima uang angsuran Anda selama beberapa bulan tersebut.

Kredit macet ini bisanya terjadi pada mereka yang tidak memiliki rencana keuangan yang matang dan kurangnya pemahaman tentang pembelian sepeda motor secara kredit. maka dari itu sebelum mengambil kredit sepeda motor alangkah baiknya Anda harus bisa memahami dan mengetahui seluk beluk kredit sepeda motor.

Apa saja seluk beluk kredit sepeda motor tersebut? Berikut ulasannya

Ketahui Beberapa Syarat Kredit Dari Pihak Leasing
Dengan membeli motor lewat kredit, berarti kamu bisa langsung membawa pulang motor walau belum melunasi pembayaran. Namun untuk bisa membawa pulang sepeda motor yang Anda butuhkan atau Anda inginkan itu Anda haru memenuhi sejumlah syarat yang diajukan oleh pihak leasing (lembaga pembiayaan).

Salah satunya, kamu harus membayar sejumlah uang muka yang disyaratkan. Selain uang muka, ada beberapa persyaratan umum untuk bisa melakukan pembelian sepeda motor lewat kredit yaitu kartu tanda penduduk dan kartu keluarga, nomor pokok wajib pajak/surat pemberitahuan pajak, rekening 3 bulan terakhir dan terakhir yaitu slip gaji karyawan/surat keterangan penghasilan

Perhatikan Pilihan Angsuran dan Cicilan Anda
Hal kedua yang perlu Anda perhatikan saat membeli sepeda motor dengan sistem kredit adalah pilihan angsuran dan cicilannya. Karena Anda bisa membawa pulang sepeda motor walau belum lunas, maka Anda memang diharuskan mengangsur sejumlah uang yang disepakati sebelumnya.

Jika Anda tidak sanggup melunasinya atau telat membayar dalam membayar angsuran ini, Anda akan mendapatkan sanksi dari leasing. Leasing sendiri menawarkan beberapa pilihan jangka waktu pelunasan yang beragam untuk bisa Anda sesuaikan dengan budget Anda, misalnya 11 bulan, 17 bulan, dan 23 bulan bahkan lebih.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat contoh skema Kredit Motor Honda Scoopy FI dengan cara kredit selama 23 bulan berikut ini:

Harga motor: Rp 15.000.000
Uang muka: Rp 3.000.000
Angsuran per bulan: Rp 700.000
Total pembayaran: Uang muka+ (angsuran x jangka waktu kredit)
Rp 3.000.000 + (Rp 700.000 x 23) = Rp 19.100.000

Total pembayaran itu sendiri belum termasuk biaya administrasi yang berkisar Rp 200.000, tergantung nominal kredit dan leasing.

Untuk mengambil motor yang Anda inginkan maka biaya yang harus dikeluarkan adalah angsuran pertama+uang muka+biaya administrasi, atau Rp 3.900.000. Itulah keuntungan membeli motor lewat kredit. Dengan membayar Rp 3.900.000, Anda sudah bisa memiliki motor sendiri.

Ini berbeda dengan pembelian lewat tunai. Jika harga kendaraan Rp 15.000.000, otomatis duit yang harus Anda sediakan sama dengan harga itu.

Hitung dan Sesuaikan dengan Pendapatan Anda
Berikutnya yang juga harus diperhatikan saat membeli sepeda motor dengan kredit adalah kesesuaian dengan pendapatan Anda. Inti pembelian suatu barang lewat kredit sendiri memang untuk meringankan beban konsumen.

Namun agar menghindari kredit macet maka Anda harus bisa menyesuaikan diri dengan pendapatan yang bisa Anda hasilkan per-bulannya. Maka dari itu hitung pendapatan Anda, apakah bisa cukup untuk melunasi angsuran dan memenuhi kebutuhan hidup yang lainnya.

Karena jika Anda terkena kredit macet, hal ini jelas akan merugikan Anda. Selain pihak leasing yang bisa menyita kendaraan, Anda pun akan kehilangan uang angsuran yang selama ini Anda bayarkan per-bulannya. Jika pendapatan Anda tidak besar maka Anda bisa memilih cicilan yang paling meringankan. Semakin besar uang muka, semakin kecil cicilan per bulan.

Minimal uang muka menurut peraturan adalah 20 persen dari harga motor.  Jika Anda hidup di Jakarta, berstatus lajang, dan memiliki penghasilan sekitar Rp 3.000.000 per bulan, maka angsuran Rp 700.000 akan masih masuk akal. Ini karena Anda kamu masih menyisakan Rp 2.300.000 untuk memenuhi kebutuhan hidup selama sebulan. Dari hal ini yang perlu Anda ingat adalah Jangan sampai angsuran melebihi setengah dari pendapatan per bulan.

Perhatikan Fasilitas Lain dari Pihak Leasing
Hal atau aspek lain yang perlu diperhatikan dalam kredit sepeda motor ini adalah fasilitas dari pihak leasing. Dalam kredit sepeda motor ini Anda memang bisa mendapatkan beberapa fasilitas dari pihak leasing. Maka dari itu tanyakan fasilitas apa saja yang akan kamu dapatkan. Biasanya Anda akan ditawari barang sebagai hadiah. Yang juga penting adalah tentang fasilitas asuransi. Tanyakan mengenai asuransi motor yang Anda beli.

Apa saja yang ter-cover, bagaimana klaim asuransinya, dan dalam bentuk apa penggantiannya, apakah uang atau motor baru. Selain itu cobalah juga untuk mendapatkan diskon agar lebih mendapat keringanan. Jika memungkinkan, pilihlah diskon lebih besar tanpa barang.

Hitung denda jika terlambat membayar angsuran. Jangan sampai besaran denda memberatkan keuangan Anda. Jangan lupa untuk Menanyakan tenggang pembayaran angsuran dan batas toleransi. Tanyakan pula kapan BPKB bisa kamu pegang. Kalau bisa, kamu harus mendapatkan BPKB begitu angsuran lunas.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang kredit kendaraan bermotor yang dirangkum oleh cermati.com. Semua orang, termasuk Anda bisa saja mendapatkan fasilitas kredit itu. Namun yang terpenting, Anda harus memastikan dan memahami seluk-beluk mengenai kredit sepeda motor ini agar mendapatkan keuntungan yang maksimal.