Rooney hadapi "Tantangan Besar" untuk masuk tim inti

id rooney timnas inggris, piala dunia

 Rooney hadapi "Tantangan Besar" untuk masuk tim inti

Wayne Rooney (ist)

London (Antara/Reuters/ANTARA Lampung) - Wayne Rooney mengatakan dirinya menghadapi "tantangan besar" untuk mempertahankan posisinya di timnas, dan menyebut para penghuni lini depan Inggris saat ini sebagai "grup para penyerang terbaik" yang pernah tampil dengannya.

Sang kapten Inggris tidak akan tampil sebagai pemain inti untuk pertandingan persahabatan Jumat melawan Spanyol di Alicante, di mana pelatih Roy Hodgson diperkirakan akan menduetkan penyerang Tottenhem Hotspur Harry Kane dan gelandang Everton Ross Barkley di sektor serangan.

Rooney, pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Inggris, telah mencetak sembilan gol dari 20 penampilan di semua kompetisi pada musim ini, namun ia kehilangan sebagian besar eskplosifitasnya yang membuatnya dinilai memiliki bakat istimewa ketika ia melejit sebagai pemain 16 tahun untuk Everton.

Ia telah mencetak dua gol dari 11 pertandingan Liga Utama Inggris untuk Manchester United pada musim ini, jauh tertinggal dari pencetak gol terbanyak saat ini Jamie Vardy (12 gol) yang membela Leicester City, dan Kane, yang telah mengoleksi lima gol dari tiga pertandingan terakhirnya di liga.

"Saya ingin membuktikan diri. Saya merasa bahwa sejak Roy menjadi pelatih timnas, penampilan internasional saya begitu bagus," kata Rooney kepada para pewarta pada konferensi pers pra pertandingan.

"Saya telah mencetak banyak gol dan saya berharap itu akan dapat diteruskan." Kembalinya Daniel Sturridge, Theo Walcott, dan Danny Welbeck akan membuat Hodgson semakin pusing dalam menentukan susunan pemain inti untuk Piala Eropa tahun depan di Prancis.

Welbeck memiliki catatan bagus untuk Inggris, di mana ia mencetak enam gol dari tujuh pertandingan terakhir untuk negaranya sebelum diganggu cedera lutut.

Sturridge, yang baru bermain tiga kali pada musim ini, telah mencetak dua gol di liga.

Walcott, yang diperkirakan kembali setelah jeda internasional, menemukan kemampuan terbaiknya seperti penyerang tengah, dan seperti vardy, ia juga dapat bermain melebar.

"Ini tentu saja merupakan grup penyerang terbaik sejak saya terlibat dalam skuad," kata Rooney.

"Ini merupakan tantangan besar untuk mempertahankan tempat Anda di tim dan itulah yang ingin saya lakukan." Hodgson juga mendukung Barkley untuk bermain di belakang para penyerang, ketika Inggris bersiap untuk menghadapi lawan yang lebih tinggi kualitasnya dibanding yang mereka hadapi di grup kualifikasi Piala Eropa 2016.

"Kami sekarang akan mendapati diri berada dalam situasi yang lebih sulit, ketika pertandingan-pertandingan semestinya menjadi lebih cepat dan lebih banyak dorongan." "Sepak bola serangan balik tidak benar-benar menjadi opsi (pada kualifikasi) karena lawan-lawannya bertahan begitu dalam." "Kami pikir tipe pemain-pemain yang kami miliki di tim sangat sesuai dengan sepak bola serangan balik dan Barkley, tentu saja, merupakan salah satunya."