Sabar....Lampung Belum Masuki Musim Penghujan

id Kemarau di Lampung, Lampung Belum Masuk Penghujan, BMKG Lampung

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Warga Lampung masih harus bersabar menunggu, mengingat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Provinsi Lampung menyatakan bahwa daerah ini belum memasuki musim penghujan.

"Kendati hujan dengan intensitas ringan sejak beberapa hari lalu terjadi di beberapa wilayah di Lampung, namun daerah ini belum memasuki musim penghujan," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung, Sugiyono, di Bandarlampung, Senin (2/11).

Ia menyebutkan, Provinsi Lampung saat ini masih dalam musim kemarau atau lebih tepatnya memasuki musim peralihan menuju musim hujan.

Menurutnya, hujan yang turun dalam beberapa hari terakhir merupakan hujan lokal, karena intensitasnya masih ringan dengan durasi yang sangat singkat, hal tersebut merupakan salah satu fenomena masa peralihan dari kemarau menuju penghujan.

Ia memprediksi bahwa Provinsi Lampung, akan memasuki musim hujan pada pertengahan bulan November 2015.

"Saat ini, Lampung belum dinyatakan memasuki musim penghujan, memang sudah hujan, namun masih lokal karena intensitasnya masih ringan dan sebentar sekali durasinya," katanya lagi.

Saat ini, lanjutnya, sedang menuju masa peralihan, Lampung musim penghujannya pertengahan November.

"Kira-kira dua pekan lagi hujan agak rutin," ujarnya.

Sugiyono mengatakana bahwa, pada petengahan November tersebut, hujan belum secara merata membasahi seluruh daerah Lampung, untuk Kota Bandarlampung diperkirakan hujan secara rutin akan turun di akhir November.

"Untuk daerah Kabupaten Pringsewu, Mesuji, Tulang Bawang dan Tulang Bawang Barat hujan akan turun pada minggu ketiga bulan November," kata dia pula.

Beberapa wilayah di Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung sejak beberapa hari diguyur hujan dengan intensitas rendah.