Di Indonesia banyak ditemukan kanker getah bening

id kanker getah bening, banyak ditemukan limforma

...Gejala kanker limfoma, antara lain pembesaran organ limfatik di leher, ketiak atau pangkal paha, penurunan berat badan tanpa sebab dalam enam bulan...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Kanker kelenjar getah bening atau limfoma termasuk dalam enam jenis kanker paling umum ditemukan di Indonesia, menurut Organisasi peduli kanker "Cancer Information & Support Center" (CISC).

"Kanker limfoma dan leukimia merupakan enam jenis kanker yang umum ditemukan di Indonesia yang biasanya menyerang pria dan wanita di usia 65-74 tahun," kata perwakilan CISC, Esterina Sutiono pada peringatan Hari Peduli Limfoma Sedunia yang jatuh pada 15 September di Jakarta, Selasa.

Berdasarkan data Globocan 2012, setiap 90 detik, satu orang di dunia, bahkan 400.000 orang per tahun dinyatakan terdiagnosis kanker gentah bening atau limfoma.

Meski belum ada langkah pencegahan pada kanker limfoma, pasien terdiagnosa dapat mendeteksi dini dengan melihat dari gejala awal.

Gejala kanker limfoma, antara lain pembesaran organ limfatik di leher, ketiak atau pangkal paha, penurunan berat badan tanpa sebab dalam enam bulan, deman tanpa sebab, berkeringat di malam hari, batuk dan sering kelelahan.

Sementara itu, dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo, Andhika Rachman, mengatakan kanker yang agresif harus dilakukan pengobatan yang agresif juga.

"Semakin agresif kankernya, pengobatannya juga agresif karena berpacu dengan waktu, sedangkan kanker jinak juga harus diobati dengan jinak. Banyak yang meninggal karena kanker jinak diobati dengan agresif," kata dokter yang juga menjadi konsultan divisi hematologi dan onkologi medik departemen ilmu penyakit dalam FKUI tersebut.

Untuk mengobatinya, Andhika mengatakan salah satu jenis kanker yang paling umum ditemukan di Indonesia ini tidak boleh dioperasi, melainkan dengan kemoterapi dan radiasi.(Ant)