PNM Gelar Temu UMKM Sarana Perluasan Usaha

id pnm di metro, pertemuan umkm

PNM Gelar Temu UMKM Sarana Perluasan Usaha

Nasabah PT PNM Cabang Bandarlampung di ULaMM Natar foto bersama usai kegiatan Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU), di Natar Lampung Selatan, Selasa (15/9) (FOTO Humas PNM Cabang Lampung)

Pelatihan pengembangan kapasitas usaha yang diberikan kepada 35 nasabah Unit Layanan Modal Mikro atau ULaMM Natar di Lampung Selatan, diharapkan menjadi salah satu faktor perkembangan usaha milik mereka
Natar, Lampung  (ANTARA Lampung) - Pertemuan antara pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) merupakan sarana untuk memperluas jaringan usaha agar lebih berkembang yang diperkuat dengan pelatihan pengembangan kapasitas usaha.

"Pelatihan pengembangan kapasitas usaha yang diberikan kepada 35 nasabah Unit Layanan Modal Mikro atau ULaMM Natar di Lampung Selatan, diharapkan menjadi salah satu faktor perkembangan usaha milik mereka," kata Pemimpin PT Permodalan Nasional Madani (Persero) Cabang Bandarlampung, Hersam Sudarisman, di Bandarlampung, Selasa.

Menurutnya, kondisi bisnis nasabah ULaMM di unit Natar telah mengalami peningkatan yang baik, dan potensi calon nasabah juga cukup besar.

"Pelatihan secara tatap muka ini bertujuan agar sesama pelaku UMKM dapat memiliki sinergi dalam mengembangkan jaringannya. Nasabah yang usahanya belum besar dapat dibantu oleh nasabah yang sudah sukses," ujarnya.

Jika usaha UMKM berkembang secara bersamaan, ia melanjutkan, nantinya sektor perekonomian mikro pun dapat naik ke level yang lebih tinggi.

Hersam menambahkan bahwa untuk dapat meningkatkan perekonomian di antara pelaku UMKM, mereka perlu diberi semangat dan karakter untuk pantang menyerah juga harus mempunyai motivasi untuk terus maju dalam mengembangkan usahanya.

"Program capacity building melalui PKU tersebut terbagi menjadi dua, yaitu program reguler dan klasterisasi kepada para nasabah di seluruh cabang PNM di Indonesia. Program PKU di Natar ini merupakan program reguler melanjutkan program sebelumnya yang telah selesai dilaksanakan," kata dia pula.

Secara khusus Unit Natar per Agustus 2015 berhasil mencatatkan total pembiayaan (OS) sebesar Rp7,879 miliar dengan total nasabah sebanyak 180 nasabah yang menerima pembiayaan dari PNM.

Untuk Cabang Bandarlampung hingga penutupan Agustus 2015 sudah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp69,259 miliar yang dimanfaatkan oleh 1.885 pelaku usaha mikro kecil menengah.

Penyaluran yang diberikan meningkat sebanyak 2,90 persen dibandingkan Agustus 2015 dengan total penyaluran sebanyak Rp67,305 miliar.

Melalui keterangan tertulis, Arief Mulyadi, Executive Vice President I PNM, menjelaskan, dalam pelatihan ini para debitur akan diberikan pemahaman, motivasi, dan diskusi strategi untuk mengembangkan usaha mikro agar lebih berkembang baik dari aspek produksi, distribusi, dan pemasaran.

Ia mengatakan, UMKM di daerah Lampung mempunyai potensi untuk mengembangkan bisnisnya sesuai dengan potensi bisnis di daerah tersebut, seperti makanan tradisional, kerajinan, dan juga pariwisata.

"Masalah yang akan dihadapi oleh para pelaku UMKM baik yang akan memulai usaha atau sudah menjalankan usaha akan tersandung pada kondisi pasar, pengalaman dan pengetahuan bisnis saat ingin mengembangkan jaringan usahanya," kata dia lagi.

Di sinilah PNM hadir sebagai capacity building untuk bersama-sama dengan nasabah memecahkan solusi-solusi demi kesiapan menghadapi tantangan UMKM, khususnya di Lampung. ujarnya pula.