PT PNM ajak masyarakat jadi pengusaha sukses

id pnm lampung, pemimpin pnm cabang lampung,Hersam Sudarisman

Kali ini upaya itu dilakukan oleh Unit Layanan Modal Mikro atau ULaMM Metro, dengan memberikan pelatihan pengembangan kapasitas usaha bagi nasabah di daerah ini
Metro, Lampung  (ANTARA Lampung) - PT Permodalan Nasional Madani mengajak masyarakat untuk menjadi pengusaha sukses dalam menjalankan usaha mereka di Provinsi Lampung.

"Kali ini upaya itu dilakukan oleh Unit Layanan Modal Mikro atau ULaMM Metro, dengan memberikan pelatihan pengembangan kapasitas usaha bagi nasabah di daerah ini," kata Pemimpin PT PNM Cabang Lampung, Hersam Sudarisman, saat dihubungi dari Bandarlampung, Minggu.

Menurut dia, program pelatihan nasabah serta pelatihan seperti ini merupakan bagian terintegrasi dari bisnis PNM sebagai BUMN yang dikhususkan bagi pemberdayaan UMKM.

"Kegiatan pelatihan dan pemberdayaan UMK yang dilakukan di seluruh ULaMM, memberikan dampak positif bagi debitur itu sendiri, berupa motivasi untuk sukses, kiat-kiat mengembangkan usaha, strategi pemasaran dan keterampilan berusaha, dengan tujuan nasabah binaan dapat maju berkembang,  ujarnya.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh PNM, ia melanjutkan, memiliki berbagai ragam tema sesuai dengan kebutuhan di daerah masing?masing.

"Indonesia memiliki banyak sekali calon wirausaha mandiri namun untuk bisa tumbuh menjadi entrepreneur masih dibutuhkan inovasi dan dukungan baik dari sisi permodalan, teknologi informasi, serta manajemen tata kelola perusahaan yang baik," kata dia..

Menurutnya, para peserta harus dibekali berbagai tips dan trik yang mudah dimengerti dan dapat langsung diaplikasikan untuk pengembangan usaha mereka.

Hersam juga menyampaikan bahwa pelatihan yang telah dilakukan oleh PNM Cabang Lampung selama September sebanyak tiga kali dari target empat kali pelatihan.

"Kami akan melaksanakan pelatihan pengembangan kapasitas usaha lagi pada waktu dekat di bulan September ini, untuk membantu perkembangan usaha nasabah PNM Lampung," ujarnya.

Total nasabah penerima manfaat pelatihan dari awal pendirian cabang hingga Agustus 2015 adalah sebanyak 833 nasabah.

Executive Vice President PT PNM, Arief Mulyadi, mengatakan, selain pelatihan, motivasi juga diberikan oleh sesama pelaku UMK yang diharapkan dapat memberikan inspirasi sukses untuk sesama pengusaha daerah.

"Kami tidak hanya memberikan pinjaman modal, tetapi juga memberikan motivasi untuk meraih sukses agar dapat mengembangkan kemampuan berbisnis bagi para pelaku UMK. Apalagi, kondisi persaingan yang semakin ketat menuntut kejelian para pelaku UMK untuk lebih kreatif dalam melakukan terobosan pemasaran," ujar Arief melalui keterangan tertulisnya itu.

Menurut Arief, pencapaian positif dan kesuksesan pembiayaan ULaMM berkat kerja keras seluruh elemen perusahaan dalam menyalurkan pembiayaan serta melakukan pembinaan usaha dan menjaga hubungan baik dengan nasabah.

"Pengusaha-pengusaha UMK yang merupakan nasabah ULaMM pun wajib meraih sukses bersama dengan PNM," ujarnya menegaskan.

Kegiatan pelatihan pengembangan kapasitas usaha (PKU) di Metro mengusung tema "Kiat Menjadi Pengusaha Sukses", yang diikuti 35 nasabah binaan unit ULaMM Metro, bertujuan untuk membantu pelaku UMK di daerah agar tidak pantang menyerah dan dapat memanfaatkan secara optimal pontensi pasar, khususnya dari sektor perdagangan, jasa serta hasil bumi daerah sekitar.