Inaugurasi FH Unila Cetak Mahasiswa Peka Negara

id Inaugurasi FH Unila

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Inaugurasi Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Lampung (BEM FH Unila) diharapkan mencetak mahasiswa baru tahun akademik 2015/2016 yang peka akan kondisi negara saat ini, baik sebagai agen perubahan maupun kontrol sosial, ujar Gubernur BEM FH Unila, Arief Triwibon, di Bandarlampung, Sabtu (5/9).

Kegiatan dilakukan setiap tahun tersebut, kata Arief melanjutkan, diberi nama inaugurasi, puncak kegiatan dari serangkaian agenda Propti  yang diselenggarakan oleh BEM FH Unila. Tema diusung tahun ini ialah, "Melalui Inaugurasi Kita Tingkatkan Intelektualitas dan Kebersamaan Sesama Mahasiswa Baru dalam Bingkai Kekeluargaan."

"Dengan inaugurasi, semoga kita mendapatkan nilai positif dan bermanfaat, agar ke depan mahasiswa lebih berani untuk berpikir kritis dan peka terhadap lingkungan sekitar, jangan menjadi mahasiswa apatis melainkan mahasiswa aktif karena seyogianya mahasiswa adalah agen of change," ujar Arief didampingi Ketua pelaksana kegiatan Ardian Ilham.

Pada kegiatan Propti tahun ini terdapat stadium general "Pergerakan Mahasiswa terhadap Pemerintahan Jokowi". Pematerinya, civitas akademi yang sangat berperan di Fakultas Hukum maupun di luar Fakultas Hukum Universitas Lampung, yaitu Sekretaris Ikatan Keluarga Alumni dan Praktisi Hukum Sukarmin, Direktur LBH Bandarlampung Wahrul Fauzi Silalahi,  lalu Wakil Dekan III FH Unila Hamzah.

Dari seluruh pemateri tersebut, mahasiwa baru dapat berdiskusi secara langsung melalui sesi tanya jawab yang berkaitan dengan hukum maupun isu-isu terkini.

"Kegiatan berlangsung hari ini dimaksudkan untuk menyambut mahasiswa baru dan melihat kreativitas mahasiswa baru dengan materi diberikan pemateri. Kami berharap dapat menstimulus mahasiswa untuk lebih aktif dan berperan serta dalam menjembatani suara rakyat, mengkritisi kebijakan pemerintah yang dianggap tidak prorakyat," kata Ardian menambahkan.

Selain pemberian materi disampaikan pada kegiatan itu, mahasiswa juga dituntut untuk menampilkan kreativitas yang mereka miliki seperti drama musikal, musikalisasi puisi, orasi, musik dan lain sebagainya.