Akibat kabut asap, jumlah kunjungan wisatawan anjlok

id Akibat kabut asap, jumlah kunjungan wisatawan anjlok

Pariaman (Antara Lampung) - Kabut asap kiriman yang masih melanda Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), turut mempengaruhi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Angso Duo di kota itu.
         
Kepala Seksi (Kasi) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat, Fatma di Pariaman, Sabtu, mengatakan kabut asap kiriman yang menyelimuti daerah itu membawa dampak drastis turunya wisatawan ke Pulau di daerah itu.
         
"Biasanya pada libur akhir pekan, sudah banyak wisatawan yang datang ke sini untuk berlibur terutama dari luar daerah Sumbar. Tapi sekarang tidak," katanya.  
    
Ia mengatakan, saat ini baru 70 wisatawan yang baru bertolak ke Pulau untuk pergi berlibur, di mana biasanya kisaran 600 pengunjung sudah bertolak ke Pulau jika libur akhir pekan.
         
"Kemarin kami sudah mendapat pesanan tiket 100 orang calon wisatawan dari Kota Pekanbaru namun hingga saat ini mereka belum datang berkemungkinan ini juga akibat kabut asap di sana sehingga keberangkatanya tertunda," jelasnya.
         
Kota Pariaman sendiri saat ini berada pada level udara tidak sehat 101 hingga 199 UG/ Meter Kubik, namun jika ada wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau maka pihak penanggung jawab ke Pulau siap untuk mengantarkannya.
         
"Kami tidak akan membatasi siapa saja yang ingin berwisata ke Pulau, namun jika sudah ada imbauan secara tertulis maupun lisan untuk melarang keberangkatan maka akan kita patuhi," katanya.
         
Sementara itu, Ketua Samudra Wisata Alek (50) membenarkan pengaruh kabut asap turut mempengaruhi kunjungan para pelancong ke Pulau.
         
"Biasanya satu minggu terakhir wisatawan yang kami berangkatkan ke Pulau mencapai 600 orang," kata dia.