IMF : Dampak pelemahan ekonomi Tiongkok di luar perkiraan

id IMF : Dampak pelemahan ekonomi Tiongkok di luar perkiraan

Washington (Antara/AFP) - Pelambatan ekonomi Tiongkok memiliki dampak yang lebih luas terhadap ekonomi global daripada yang diperkirakan, terutama pada pasar negara-negara berkembang, Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan Rabu sore.
         
Dalam laporan untuk pertemuan para kepala keuangan Kelompok 20 (G20) pekan ini di Ankara, Turki, IMF mengatakan gejolak di Tiongkok dan faktor-faktor lain seperti pembalikan arus modal meningkatkan risiko terhadap pertumbuhan ekonomi di seluruh dunia.
         
IMF memperingatkan bahwa negara-negara maju dan berkembang perlu terus mendorong permintaan dengan reformasi dan investasi untuk memastikan bahwa turbulensi di pasar dan masalah Tiongkok tidak memperlemah kegiatan ekonomi di seluruh dunia.
         
"Transisi Tiongkok ke pertumbuhan yang lebih rendah, sementara secara luas sejalan dengan perkiraan, tampaknya memiliki dampak lintas batas lebih besar dari yang dibayangkan sebelumnya, tercermin dalam melemahnya harga komoditas dan harga saham," kata Dana.
         
Terutama, "risiko penurunan jangka pendek untuk negara-negara berkembang telah meningkat" dari kejatuhan terkait Tiongkok, harga komoditas yang merosot, dolar  AS yang kuat, dan pembalikan tajam di pasar keuangan, katanya.
         
Laporan, yang akan digunakan untuk diskusi pada pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral ekonomi terkemuka G20 pada Jumat dan Sabtu, tidak merevisi perkiraan IMF sebelumnya untuk pertumbuhan global tahun ini di 3,3 persen.

 
Editor :
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar