Disiapkan Pemilihan Kepala Pekon Serentak di Lampung Barat

id Pemilihan Kepala Pekon Lampung Barat, Kepala Pekon Lampung Barat, Lampung Barat

Liwa, Lampung (ANTARA Lampung) - Sebanyak 61 pekon (desa) di Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dipersiapkan akan menyelenggarakan pemilihan peratin (kepala pekon) secara serentak pada awal 2016.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Barat, Nirlan, di Liwa, Senin (31/8), mengatakan peraturan daerah untuk penyelenggaraan pemilihan peratin secara serentak itu masih dalam proses.

"Perdanya masih dalam proses. Jadi sebisa mungkin enam bulan sebelum pemilihan, tahapan demi tahapan harus dimulai. Tentunya kami mempunyai target di bulan ketiga tahun 2016 seluruh peratin yang berjumlah 61 sudah dilantik jika pemilihannya bisa berlangsung bulan kedua. Karena itu, tahapan pendataan sudah segera bisa dimulai," ujar Nirlan, saat rapat koordinasi bulanan tahun 2015.

Pemilihan peratin secara serentak, menurut dia, sesuai dengan berlaku UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang mengatur pelaksanaan pemilihan peratin secara serentak.

Karena itu, dia mengharapkan kepada seluruh camat untuk dapat menyikapi dan memahami tentang mekanisme dan tahapan pemilihan peratin di Lampung Barat.

"Untuk itu telah dilakukan pembinaan kepada aparatur kecamatan dan pekon dalam proses serta tahapan pelaksanaan pemilihan peratin tersebut. Seluruh camat dapat mempersiapkan dan bertanggungjawab pada akhir masa jabatan peratin yang telah berakhir," ujarnya lagi.

Dia merincikan beberapa pekon yang akan mengikuti pemilihan peratin, yaitu di Kecamatan Balik Bukit pada Pekon Padang Cahya, Sebarus, Way Empulau Ulu, Gunung Sugih, Padang Dalom, Kubu Perahu, dan Sedampah Indah.

Sebanyak 61 pekon yang akan memilih peratin secara serentak itu berada di Kecamatan Sumber Jaya, Kecamatan Belalau, Kecamatan Way Tenong, Kecamatan Sekincau, Kecamatan Suoh, dan Kecamatan Batu Brak.

Selanjutnya Kecamatan Sukau, Kecamatan Gedung Surian, Kecamatan Kebun Tebu, Kecamatan Air Hitam, Kecamatan Pagar Dewa, Kecamatan Batu Ketulis, dan Kecamatan Bandar Negwri Suoh serta Kecamatan Lombok Seminung.

Sekda Lampung Barat itu berharap proses dan pelaksanaan pemilihan peratin secara serentak itu berjalan dengan penuh kedamaian dan partisipasi masyarakat atau warga pekon yang tinggi.