Calhaj Lampung Diberangkatkan 26 Agustus

id calon jemaah haji, islamic center

Calon jamaah haji itu berasal dari Kota Bandarlampung dan Kabupaten Tanggamus. Mereka akan dikarantinakan di Asrama Haji Islamic, Center, Bandarlampung, pada 25 Agustus
Bandarlampung,   (ANTARA Lampung) - Sebanyak 455 calon jamaah haji kelompok terbang pertama Lampung, pada pelaksaan ibadah haji 1436 Hijriah/2015 Masehi akan diberangkatkan ke Tanah Suci, pada Rabu (26/8) dinihari.

"Calon jamaah haji itu berasal dari Kota Bandarlampung dan Kabupaten Tanggamus. Mereka akan dikarantinakan di Asrama Haji Islamic, Center, Bandarlampung, pada 25 Agustus," kata Kabid Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Istuti Ningsih, di Bandarlampung, Sabtu.

Ia menyebutkan, pelepasan jamaah calon haji kloter 8 itu, dijadwalkan akan dilepas langsung oleh Gubernur Lampung, yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Embarkasi Antara Provinsi Lampung menuju Bandara Halim Perdanakesuma.

Menurutnya, jumlah jamaah haji asal Provinsi Lampung, pada keberangkatan musim haji 2015 sebanyak 5.026 orang, ditambah 55 orang petugas haji.

Terkait kesiapan pemberangkatan yang dimulai 25 Agustus mendatang Istuti menyampaikan transportasi dan kebutuhan lainnya sudah berjalan baik. Kepala Kantor kementerian Agama Provinsi Lampung, dan pihak terkait telah melakukan inspeksi mendadak (sidak) persiapan pemberangkatan haji tahun 2015 di Asrama Haji Rajabasa Bandarlampung.

Hasil sidak tersebut secara umum menunjukkan bahwa Asrama Haji Rajabasa telah siap digunakan untuk menampung jamaah. Jamaah Lampung mulai masuk asrama tanggal 25 Agustus dan mulai diberangkatan tanggal 26 Agustus 2015 yang tergabung dalam kloter 8.

Dalam sidak tersebut tempat yang dicek adalah tempat tidur jamaah, kamar mandi, sanitasi, tempat registrasi. Ruang kesehatan, ruang X-ray, ruang siskohat.

Para jamaah haji nantinya langsung ditempatkan di asrama dan menempati kamar-kamar yang telah disediakan. Adapun fasilitas yang disediakan serta jamaah mendapat pemeriksaan kesehatan akhir serta pemeriksan barang bawaan.