Tiongkok galakkan konsumsi buah dan sayuran

id Tiongkok galakkan konsumsi buah dan sayuran, lembaga internasional dorong konsumsi buah dan sayuran

Tiongkok galakkan konsumsi buah dan sayuran

Tanaman buah yang mudah dibudidayakan. (ANTARA LAMPUNG/Hisar Sitanggang)

Beijing (Antara/Xinhua-OANA) - Lembaga kesehatan Tiongkok dan Perhimpunan Semua Wartawan Tiongkok (ACJA) bersama-sama meluncurkan kegiatan masyarakat untuk menyarankan warga mengkonsumsi seperempat kilogram buah dan setengah kilogram sayur setiap hari.
        
Kegiatan keseimbangan makanan tersebut akan diluncurkan di beberapa kota besar termasuk Beijing, Shanghai, Guangzhou dan Chengdu, demikian isi satu pernyataan yang dikeluarkan oleh Komsisi Keluarga Berencana dan Kesehatan Nasional (NGFPC).
        
Makanan yang tidak seimbang membuat orang jadi kelebihan berat, kegemukan dan peningkatan penyakit kronis, kata Wu Liangyou, seorang pejabat NHFPC, di dalam pernyataan tersebut, sebagaimana diberitakan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin pagi.
        
Kegiatan tersebut menindak-lanjuti "Laporan mengenai Penyakit Kronis dan Gizi Tiongkok 2015", yang dikeluarkan oleh NHFPC pada 30 Juni, yang menyoroti angka mengejutkan ukuran garis pinggang.
        
"Angka kegemukan di kalangan orang dewasa ialah 11,9 persen pada 2012, naik 67,6 persen dari 2002, dan 6,4 persen di kalangan anak-anak dan remaja, naik tiga kali lipat5 dari angka 2002," kata pernyataan itu.
        
Rata-rata orang Tiongkok mengkonsumsi jumlah lemak yang berlebihan yang berjumlah lebih dari 30 persen asupan energi, sedangkan konsumsi sayuran dan buah merosot.
        
Kegiatan tersebut adalah gagasan tahunan kesehatan masyarakat yang diselenggarakan oleh NHFPC dan ACJA, yang memusatkan perhatian pada faktor resiko penyakit kronis setiap tahun.