Sofyan Djalil: Realisasi investasi pacu pertumbuhan ekonomi

id menteri sofyan djalil, pertumbuhan ekonomi

Sofyan Djalil: Realisasi investasi pacu pertumbuhan ekonomi

Menko Perekonomian, Sofyan Djalil (ANTARA FOTO/Ismar Patrizki)

...Kalau itu bisa kita lakukan, realisasi investasi, seperti kita harapkan RP5.600 triliun sekitar 5 tahun yang akan datang, itu akan menciptakan pertumbuhan ekonomi yang cukup besar...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan percepatan realisasi investasi lima tahun yang akan datang dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi yang baik di Indonesia.

"Kalau itu bisa kita lakukan, realisasi investasi, seperti kita harapkan RP5.600 triliun sekitar 5 tahun yang akan datang, itu akan menciptakan pertumbuhan ekonomi yang cukup besar," kata Sofyan ketika ditemui di Kantor Wakil Presiden di Jakarta, Selasa sore.

Menurut Sofyan, pemerintah mengharapkan pertumbuhan ekonomi pada tahun-tahun berikutnya akan didukung oleh pemerintah dan pengusaha swasta serta pembangunan investasi.

Pemerintah telah menurunkan asumsi pertumbuhan pada 2016 5,5-6 persen pada 2016.

Hal itu, ujar Sofyan, agar asumsi pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih realistis karena ekonomi dunia diperkirakan pada 2016 masih mengalami tekanan.

"Karena dengan pertumbuhan ekonomi yang masih seperti ini dan lemah dan diperkirakan belum akan tumbuh untuk beberapa waktu," ujar Sofyan.

Oleh karena itu pemerintah berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui pembangunan investasi dan infrastruktur untuk mendukung industri di daerah-daerah di Indonesia.

"Walaupun nanti mungkin dalam prosesnya kalau ekonomi dunia membaik, program infrastruktur kita cepat, maka kita bisa tumbuh lebih dari itu," ujar Sofyan terkait asumsi pertumbuhan Indonesia pada 2016.