Naga raksasa misterius, terdampar mati di California

id naga misterius, belut raksasa mati

Seekor naga laut, makhluk misterius yang tinggal di laut dalam, ditemukan mati terdampar di sebuah pulau di California Selatan (FOTO : AP/dailymail.co.uk)

Los Angeles (Antara/Reuters) - Seekor naga laut, makhluk misterius mirip ular naga, yang tinggal di laut dalam, ditemukan mati terdampar di sebuah pulau di California Selatan dan pakar biologi akan mengkaji mayat hewan tersebut, kata pejabat setempat, Rabu.
        
Amy Catalano mengatakan bahwa ia dan rekan kerjanya di Balai Pelestarian Pulau Catalina sedang melakukan survai burung pada Senin dan sangat terperanjat ketika melihat hewan bertubuh panjang itu di pantai di bawah.
        
"Mengagumkan, rasanya seperti properti film, hampir seperti mainan," katanya.
        
Naga laut menjadi bahan kajian ilmuwan karena hidup di lingkungan tidak diketahui di daerah mesopelagic lautan, bagian dengan kedalaman 200 hingga 1.000 meter di bawah permukaan.
        
Naga laut tersebut berukuran panjang sekitar 4,1 meter, kata Catalano, koordinator konservasi itu, yang menduga ikan tersebut terdampar hanya beberapa menit sebelum ditemukan.
        
Makhluk mirip ular itu bisa tumbuh hingga panjangnya mencapai enam meter, menurut Badan Antariksa dan Kelautan Nasional.
        
Bagian kepala, usus, saluran reproduksi, dan bagian lain dikirim ke Universitas Negeri California, Fullerton, tempat Asisten Profesor Ilmu Biologi Misty Paig-Tran dan mahasiswanya akan menelitinya, kata jurubicara pihak universitas dalam surat elektroniknya.
        
Sementara itu, burung camar berpesta memakan sisa daging hewan tersebut, yang ditinggalkan di pantai, kata Catalano.
        
Pada 2013, ilmuwan dan pecinta satwa liar dikejutkan temuan dua naga laut yang terdampar di California Selatan, seekor ditemukan di tepi lautan dan seekor lagi di Pulau Catalina.

Penerjemah : S Haryati/B Soekapdjo/Hisar Sitanggang
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar