Anggota DPR Kritisi Kerusakan Jalan Di Lampung

id berita lampung terkini, antaralampung.com, anggota dprd kritisi kerusakan jalan di lampung, kh abdul hakim, fraksi pks dpr-ri, lampung

......Ya Pak, kami coba buat jembatan bailey di bawah jembatan dua arah supaya tidak terlalu mengganggu jalan alternatif," katanya......
Bandarlamung (ANTARA Lampung) - Anggota DPR-RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera asal Lampung KH Abdul Hakim mengkritisi rusaknya beberapa ruas jalan dari Tegineneng-Sukadana melewati Kota Metro di Provinsi Lampung yang banyak berlubang, dengan langsung menghubungi pejabat Kementerian Pekerjaan Umum.

Menurut Abdul Hakim dalam penjelasan yang diterima di Bandarlampung, Rabu, kerusakan jalan itu diduga sebagai akibat pengalihan rute lalu-lintas menyusul ambrolnya Jembatan Lempuyang Bandar di Kabupaten Lampung Tengah akhir bulan Januari lalu.

Menanggapi hal itu, anggota Komisi V DPR dari Lampung itu mengaku langsung menghubungi Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Djoko Murjanto, melalui telepon seluler pada Selasa (17/3) untuk mengabarkan ruas jalan nasional yang rusak tersebut.

Melalui pesan singkat (SMS), legislator empat periode dari PKS tersebut selengkapnya mengabarkan: "Mas, jalan dari Tegineneng ke Sukadana, yang melewati Kota Metro, beberapa ruasnya hancur karena dilalui truk dan angkutan berat lainnya sebagai jalan alternatif, karena jembatan yang rusak beberapa waktu yang lalu di Lampung Tengah."

Pesan Abdul Hakim itu disambut oleh Dirjen Bina Marga Kementerian PU dengan upaya mengurangi arus lalu-lintas pada rute alternatif, dengan janji akan membuat jembatan rangka baja ringan (jembatan bailey) di dekat jembatan Lempuyang Bandar yang sedang diperbaiki.

Berikut jawaban Dirjen Bina Marga Djoko Murjanto via SMS kepada Abdul Hakim: "Ya Pak, kami coba buat jembatan bailey di bawah jembatan dua arah supaya tidak terlalu mengganggu jalan alternatif, tks infonya pak Hakim ...".

Jembatan penghubung jalur lintas tengah Sumatera dan jalur lintas timur yang terletak di Kampung Lempuyang Bandar Kecamatan Way Pengubuan Lampung Tengah putus akibat dilalui truk bermuatan baja 70 ton yang melintas pada Selasa (27/1).

Sejak jembatan diperbaiki, truk-truk dan angkutan berat dialihkan mulai dari Tegineneng, Pesawaran ke arah Sukadana, Lampung Timur melalui Kota Metro.

Provinsi Lampung dilalui sejumlah ruas jalan nasional, yaitu Jalan Lintas Sumatera pada ruas lintas timur, lintas tengah, lintas barat, dan Jalan Lintas Pantai Timur yang padat dilalu kendaraan penumpang maupun angkutan barang.(Ant)