Dinas PU Realisasikan Jembatan Bailey

id kadis pu, provinsi, lampung, jembatan, lempuyang

Dinas PU Realisasikan Jembatan Bailey

Kepala Dinas PU Bina Marga Provinsi Lampung Budhi Darmawan (ist)

Jembatan bailey ini merupakan konstruksi ringan yang bisa dengan mudah dipindahkan sehingga bisa segera dipergunakan sebagai jalur alternatif perlintasan sementara bagi kendaraan yang melewatinya."
Bandarlampung,  (ANTARA Lampung) - Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Lampung segera mengantisipasi Jembatan Lempuyang di Kabupaten Lampung Tengah yang putus dengan memasang konstruksi jembatan darurat atau bailey dari rangka baja ringan berkualitas tinggi yang mudah dipindah-pindahkan.
        
"Jembatan bailey ini merupakan konstruksi ringan yang bisa dengan mudah dipindahkan sehingga bisa segera dipergunakan sebagai jalur alternatif perlintasan sementara bagi kendaraan yang melewatinya," kata Kepala Dinas PU Bina Marga Provinsi Lampung Budhi Darmawan di Bandarlampung, Kamis.
       
Menurut dia, pada hari Rabu (28/1) pihaknya telah melakukan peninjauan ke lokasi jembatan terputus itu untuk mengetahui kondisi secara langsung serta menginventarisasi permasalahan akibat jembatan putus tersebut.
        
Ia menyatakan telah melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat terkait dengan amblesnya Jembatan Lempuyang ini.
        
"Hasil koordinasi itu, Kementerian PU sangat tanggap dan bergerak cepat dalam penanganan Jembatan Lempuyang, informasi dari Balai Besar Pengelolaan Jalan Nasional III, jembatan bailey atau jembatan darurat sedang diangkut dan dalam perjalanan dari Palembang menuju lokasi," ujarnya lagi.
        
Budhi mengharapkan, dalam dua minggu ke depan jembatan bailey yang segera dipasang itu, dapat dilalui oleh kendaraan ringan sebagai antisipasi putusnya jembatan di daerah itu.
        
"Pemasangan jembatan darurat ini tidak untuk dilalui oleh kendaraan dengan tonase besar, hanya mobil pribadi dan truk berukuran kecil yang kosong atau tidak ada muatannya," ujarnya pula.
        
Perbaikan jembatan secara permanen, menurut dia, akan segera dibangun dengan harapan tidak sampai saat Idulfitri nanti.
        
"Mudah-mudahan sebelum Idulfitri sudah selesai pembangunan jembatan permanennya sehingga bisa melancarkan arus mudik dan balik melalui jalur tersebut," kata dia.
        
Berkaitan perbaikan jembatan rusak di Lampung, selain Jembatan Lempuyang, menurut Budhi, disiapkan pula anggaran untuk perbaikan jembatan lain setidaknya satu jembatan lagi, yakni Jembatan Waytipo yang terletak di Kecamatan Gunungsugih dan jembatan yang berada di Kabupaten Waykanan.  
   
Budhi Darmawan juga menyampaikan apresiasi kepada Kapolda Lampung dan jajaran, khususnya Ditlantas Polda dan Polres Lampung Tengah yang langsung mendirikan pos pengamanan di lokasi jembatan putus itu, dan bekerja keras mengalihkan arus lalu lintas ke jalan alternatif.