Bensin Bisa Rp6.500/Liter

id Bensin Bisa Rp6.500, per, Liter, BBM, Solar, SPBU, bahan bakar Minyal, Jerigen, Pertamini,Eceran, Pengecer, Presiden, oowi, Joko Widodo, Solar, Perta

Bensin Bisa Rp6.500/Liter

SPBU milik Pertamina, di Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Lempasing, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. (Foto ANTARA/Dok/M.Tohamaksun).

Sedang kita hitung besarannya. Kemungkinan di angka Rp6.400 hingga Rp6.500. Yang saya kejar sekarang adalah bagaimana harga sembako juga turun."
Jakarta (ANTARA Lampung) - Harga premium kemungkinan diturunkan dari Rp7.600 per liter menjadi Rp6.400 atau Rp6.500 pada bulan Februari, kata Presiden Joko Widodo di Jakarta, Kamis.

"Sedang kita hitung besarannya. Kemungkinan di angka Rp6.400 hingga Rp6.500. Yang saya kejar sekarang adalah bagaimana harga sembako juga turun," kata Presiden Joko Widodo dalam seminar Indonesia Outlook 2015  di Hotel Borobudur, Jakarta.

Sebelumnya Menteri Koordinator Perekonomian Sofjan Djalil mengatakan harga BBM direncanakan turun lagi pada Februari menyesuaikan dengan penurunan harga minyak dunia.

"Sekarang ini sedang kami hitung-hitung penurunannya. Saya yakin pada Februari akan turun lagi, sebab harga premium sudah mengikuti mekanisme pasar alias tanpa subsidi," katanya.

Menurutnya, saat ini harga premium memang diturunkan seiring harga minyak mentah yang terus menurun. Minyak mentah "light sweet" dilaporkan diberi label harga 50 dolar Amerika Serikat per barel pada saat musim dingin masih melanda Barat.

Pemerintah, katanya, berencana akan menetapkan harga BBM jenis premium dalam dua minggu sekali, sesuai dengan harga minyak dunia.

"Kalau pertamax ditetapkan dalam dua minggu sekali. Untuk sementara (harga) premium ditetapkan sebulan sekali, tapi mungkin akan disesuaikan dalam dua minggu sekali," katanya.

Pada akhir 2014 pemerintah menurunkan harga bahan bakar minyak jenis premium dan solar mulai 1 Januari 2015 pukul 00.00 WIB menyusul penurunan harga minyak dunia.

Harga premium turun menjadi Rp7.600 per liter dari Rp8.500 per liter dan solar turun jadi Rp7.250 perliter dari Rp7.500 pe rliter.