Rakyat Slowakia Berjuang Mengatasi Beban Hidup

id Rakyat Slowakia Berjuang Berat Mengatasi Beban Hidup

Rakyat Slowakia Berjuang Mengatasi Beban Hidup

Selain tujuan wisata, daerah kaya di Slowakia adalah Bratislava (slovakiacompany.com)

Bratislava (Antara/Xinhua-OANA) - Hampir empat-perlima warga Slowakia berjuang untuk menyeimbangkan penghasilan dan pengeluaran; mereka menghadapi kesulitan untuk membayar rekening rumah tangga dan biaya lain kehidupan sehari-hari.
        
Kondisi itu adalah kesimpulan dari satu ulasan oleh Postova Banka, berdasarkan data dari Kantor Statistik Slowakia.
        
Kebanyakan rumah tangga yang diteliti di Wilayah Kosice di Slowakia Timur menghadapi kesulitan untuk menutup biaya hidup.
        
"Itu tidak terlalu mengejutkan, sebab Slowakia Timur terus dilanda pengangguran yang tinggi, dan satu dari enam orang yang berada dalam usia ekonomi aktif di wilayah tersebut justru menganggur. Tentu saja, ini memiliki gaung dalam situasi keuangan rumah tangga," demikian penjelasan analis bank tersebut Dana Vrabcova, sebagaimana dilaporkan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat pagi.
        
Kebanyakan wilayah paling Kaya di Slowakia, Bratislava, berada dalam kondisi yang bertolak-belakang, dan 70 persen rumah tangga di ibu kota Slowakia dan sekitarnya juga mengakui mereka harus berjuang untuk "mempertahankan agar bahtera mereka tidak tenggelam".
        
Biaya sewa rumah, rekening air, listrik dan harga gas menguras seperlima dari pengeluaran rumah tangga di Slowakia.
        
Namun rakyat Slowakia masih bisa menyisihkan sedikit uang, karena jumlah deposito bank naik setiap tahun, kata bank tersebut.

Penerjemah : Chaidar