Ferguson Dukung Van Gaal Beli Pemain Mahal

id Liga Inggris 2014

Ferguson Dukung Van Gaal Beli Pemain Mahal

Sir Alex Ferguson (Istimewa)

London  (Antara/AFP) - Alex Ferguson mendukung keputusan Louis van Gaal untuk merombak tim Manchester United dengan pembelian pemain yang melibatkan dana besar.
        
Van Gaal dikontrak untuk membereskan kekacauan yang ditinggalkan David Moyes, yang kiprah singkatnya sebagai pengganti Ferguson di Old Trafford berakhir dengan klub menduduki posisi terendahnya dalam dua dekade.
        
United meresponnya dengan merekrut Van Gaal dan memberi dana yang signifikan kepada pria Belanda itu untuk menghembuskan nafas baru ke dalam tim.
        
Van Gaal menghabiskan lebih dari 150 juta pound untuk mendatangkan Angel di Maria, yang bernilai 59 juta pound, Radamel Falcao, Ander Herrera, Marcus Rojo, dan Luke Shaw.
        
Rekrutan-rekrutan baru itu telah membantu United menduduki posisi empat besar di Liga Utama Inggris meski belum tampil maksimal, dan Ferguson, yang pensiun setelah memenangi gelar pada 2013, tidak ragu bahwa wajah-wajah baru diperlukan oleh Setan Merah.  
   
Mengacu kepada pembelian Di Maria dari Real Madrid, ia berkata kepada MUTV, "Ketika Anda dapat mengidentifikasi kemampuan seperti Manchester United, mereka memiliki sejumlah sumber daya untuk melakukannya - Saya tidak pernah menyamakan biaya-biaya, namun mereka memerlukan suntikan besar pada tahun ini."
   
Mengenai perekrutan lainnya, ia menambahi, "Herrera bermain melawan kami tiga tahun silam untuk Bilbao, ia merupakan pemain muda berbakat dan kami telah banyak memantaunya. Ia begitu agresif untuk seseorang yang tidak mendapat panggung hebat."
   
"Saya menyaksikan Rojo di Piala Dunia dan berpikir ia melakukannya dengan baik. Ia mampu bermain di sisi kiri atau bek tengah."
   
"Kami berusaha mendapatkan Luke Shaw ketika ia berusia 16 tahun. Mereka (Southampton) tidak akan menjualnya, namun mereka selalu berkata bahwa kami akan menjadi pihak yang pertama tahu jika ia melakukannya. Ia merupakan pemuda bertalenta, pesepak bola hebat, dan mau bergerak maju."
   
"Daley Blind merupakan pesepak bola dengan akal sehat, versi Darren Fletcher beberapa tahun silam. Dan Falcao merupakan satu yang kami semua ingin lihat, ia memiliki kemampuan mencetak gol yang fantastis."
 
Meski mendatangkan pemain-pemain mahal, Ferguson senang bahwa Van Gaal memutuskan untuk tetap menggunakan produk akademi sendiri, di mana pemain-pemain muda yakni Paddy McNair dan Tyler Blackett tampil di pertahanan pada musim ini.  
   
"Pembangunan ulang tim, mereka mendatangkan sejumlah (pemain) kualitas bagus yang benar-benar penting karena Anda memerlukan kualitas di Manchester United, Anda memerlukan pemain-pemain terbaik," tambah Ferguson.
        
"Apa yang membuat saya senang mengenai Louis adalah ia memberikan tujuh pemain muda debut mereka, yang senada dengan sejarah klub. Saya pikir para penggemar akan merespon dengan baik ketika para pemain muda mendapatkan kesempatannya."
   
Ferguson sering kedapatan berada di tribun pada musim lalu ketika Moyes - sosok yang dipilih oleh mantan pelatih legendaris United itu untuk menggantikannya - kesulitan untuk mengeluarkan kemampuan terbaik tim.
        
Tidak pernah ada dugaan bahwa Ferguson mempengaruhi Moyes, dan ia bersikukuh dirinya tidak berurusan dengan Van Gaal perihal masalah-masalah tim pertama.
        
"Tidak ada dialog yang berlangsung. Terkadang ia datang ke kantor saya setelah pertandingan, kami mengobrol, bukan masalah mengangkat telepon (untuk memberi saran) bagi dia sebab ia merupakan orang yang memiliki kemampuan, pemimpin yang kuat."
   
"Ia tahu apa yang dapat saya lakukan, namun tidak ada keperluan bagi dia untuk menghubungi saya," ucapnya.
        
Ferguson masih menjadi duta sekaligus direktur United, serta ia mengisi beberapa peran lainnya.
        
Ia juga terus bekerja dengan UEFA dan Asosiasi Pelatih Liga, namun ia mengatakan hanya sedikit pelatih yang meminta masukan darinya.
        
"Satu atau dua (pelatih), tidak banyak. Saya pikir mereka mungkin berpikir saya sudah meninggal," tuturnya.

Penerjemah/Redaktur : ARA Adipati/Hisar Sitanggang