IOM-JPIC Apresiasi Ansor Waykanan

id banser, pc ansor, waykanan, blambangan umpu, pondok pesantren, ansor waykanan

 IOM-JPIC Apresiasi Ansor Waykanan

Logo Gerakan Pemuda Ansor Waykanan, Lampung (mbasic.facebook.com)

Waykanan, Lampung,  (ANTARA Lampung) - Counter Trafficking International Organization for Migration (IOM) Indonesia  dan Justice Peace Integrity of Creation (JPIC) FSGM  mengapresiasi partisipasi aktif PC GP Ansor Waykanan dalam  kegiatan bertema "Mempromosikan Migrasi Aman, Mencegah Terjadinya Perdagangan Orang di Indonesia".

"Terima kasih sekali, apa yang dilakukan GP Ansor Waykanan, sesuatu yang luar biasa sekali. IOM Indonesia senang bekerja sama dengan organisasi seperti ini atau memiliki akar rumput karena hal tersebut bagi kami menjadi sangat penting," ujar Manager IOM Indonesia, Nurul Qoiriah, di Blambangan Umpu, Waykanan, Sabtu.
        
Nurul pada 1990 aktif di Fatayat NU Semarang, Jawa Tengah itu menilai, Ansor Waykanan bisa diterima masyarakat dan pemerintah.  "Saya pikir ini jembatan bagus untuk mengkampanyekan migrasi aman, karena kadang kita kerja sama dengan LSM bagus di masyarakat tapi kontra dengan pemerintah. Ansor Waykanan kami lihat tidak seperti itu. Faktanya, pada acara pembukaan Bupati Biustami Zainudin dan sejumlah kepala satuan kerja perangkat daerah juga hadir," kata Nurul pula.
        
Sr M Katarina Sri Juwarni dari JPIC FSGM menambahkan sangat terbantu dengan teman-teman Ansor di Waykanan.
        
"Tadinya saya 'buta' ketika akan ada progam ini di Waykanan, tidak tahu siapa yang harus dihubungi, tapi Direktur Kantor Bantuan Hukum Lampung Muhammad Syarif Abadi merekomendasikan GP Ansor. Dan saya lihat jajaran GP Ansor memberikan kontribusi dan partisipasi luar biasa," katanya.
        
Bagi warga Nahdlatul Ulama, demikian Ketua PC GP Ansor Waykanan Gatot Arifianto, NKRI harga mati dan Pancasila adalah kalimat akrab. "Namun demikian, kita tidak patut hanya pandai memekikkannya belaka, tapi juga harus menerjemahkannya dalam kehidupan, sosial, kemasyarakatan dan berbangsa. Ansor Waykanan berkepentingan terhadap kehidupan mendatang yang lebih baik, oleh sebab itu, segala yang berhubungan dengan kebaikan dan kemaslahatan kami respon positif," ujar Gatot yang juga koordinator The Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ) atau Masyarakat Jurnalis Lingkungan Indonesia wilayah Lampung itu pula.
 
PC GP Ansor Kabupaten Waykanan, Lampung bersama IOM Indonesia dan JPIC FSGM menggelar pelatihan untuk tokoh masyarakat mempromosikan migrasi aman dan mencegah terjadinya perdagangan orang di Indonesia".
        
Kegiatan bertema "Mempromosikan Migrasi Aman, Mencegah Terjadinya Perdagangan Orang di Indonesia" itu diikuti Ketua PAC GP Ansor Bumiagung Heri Amanudin, Ketua PAC Ansor Pakuanratu Eko Wahyudi, Ketua PAC Ansor Buaybahuga Hudi Rahman, Sekretaris PAC Ansor Blambangan Umpu Ery Rezki Putra, Sekretaris PAC Ansor Baradatu Veri Triono, Ketua Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor Bumiagung Hasyim As'ari, Ketua LSM Geshindo Ali Rahman, aktivis PNPM Waykanan dan sejumlah pengurus OSIS dari beberapa sekolah di daerah itu. Hasyim As'ari.
        
Pelatihan tersebut digelar selama dua hari, 9--10 Oktober di aula PKK Kabupaten Waykanan. Sejumlah peserta mengapresiasi positif kegiatan itu sehubungan menambah wawasan, bahaya dan teraniayanya sejumlah tenaga kerja Indonesia yang bekerja tanpa dokumen jelas. Para peserta pelatihan juga membuat rencana tindak lanjut untuk mengkampanyekan migrasi aman. Kegiatan sama juga akan dilakukan di Lampung Timur Senin 13--14 Oktober.