Hj Nuraeni Effendi Terpilih Pimpin PKBI Lampung

id Hj Nuraeni Effendi Terpilih Pimpin PKBI Lampung

Hj Nuraeni Effendi Terpilih Pimpin PKBI Lampung

Hj Nuraeni Effendi (kanan) terpilih memimpin PKBI Lampung 2014--2018 menggantikan Ketua PKBI Lampung sebelumnya, Syarief Hidayat (kiri). (FOTO: ANTARA LAMPUNG/Budisantoso Budiman)

Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Hj Nuraeni Effendi secara aklamasi terpilih menjadi Ketua Pengurus Harian Daerah Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Provinsi Lampung periode 2014--2018 hasil Musyawarah Daerah ke-9 di Bandarlampung, Minggu (14/9).

Hj Nuraeni Effendi menggantikan Ketua PKBI Lampung sebelumnya (2010--2014) Syarief Hidayat yang telah menyatakan tidak lagi bersedia dipilih untuk memimpin perkumpulan ini.

Musda ke-9 PKBI Lampung berlangsung sejak Sabtu (13/9) dan berakhir Minggu siang, diikuti utusan pengurus cabang PKBI se-Lampung, para relawan, pembina, dan wakil dari PKBI Pusat.

Setelah terpilih, Nuraeni Effendi bersama tim formatur segera menyusun kepengurusan lengkap PKBI Lampung dalam waktu dekat segera diumumkan dan dikukuhkan.

Mantan Ketua PKBI Lampung Syarief Hidayat menegaskan bahwa dirinya telah belasan tahun terlibat dalam kepengurusan PKBI daerah ini, termasuk pada empat tahun terakhir dipercaya memimpinnya, sehingga selanjutnya menyerahkan kepada ketua dan pengurus yang baru untuk melanjutkan tugas mengelola organisasi ini.

"Alhamdulillah, kami dapat menyelesaikan tradisi empat tahunan ini dengan baik," ujarnya pula.

Dia menegaskan bahwa PKBI merupakan salah satu dari sedikit organisasi yang mengedepankan prinsip kekeluargaan, sehingga pengurus dan anggotanya bisa merasa nyaman berada di dalamnya.

"PKBI ini, seperti halnya organisasi Pramuka umumnya kepengurusannya dapat bekerja secara ikhlas dan tulus menjalankan roda organisasi tanpa pamrih apa pun," ujar Syarief yang juga aktif menjadi pengurus daerah Gerakan Pramuka Lampung itu lagi.

Karena itu, dia merasa lega dan legowo melepas kepemimpinan di PKBI Lampung kepada penerusnya.

"Ini merupakan proses kaderisasi, sehingga PKBI ke depan dapat diisi orang-orang yang memiliki kompetensi dan sebelumnya juga telah berkecimpung di dalamnya," kata dia lagi.

Ia berharap selanjutnya PKBI tetap dapat mempertahankan proses pergantian kepemimpinan dengan baik tanpa intrik dan saling menjatuhkan seperti sering terjadi dalam suksesi partai politik atau organisasi lain saat memilih ketua dan pengurus baru.

Ketua PKBI Lampung terpilih Nuraeni Effendi membenarkan, semula sempat meminta Syarief Hidayat untuk tetap memimpin PKBI Lampung periode empat tahun ke depan, namun menolaknya.

Karena itu, setelah terpilih menjadi ketua PKBI Lampung yang baru, dia meminta Syarief Hidayat bersama jajaran pengurus baru dan para relawan serta pembina maupun pengurus cabang PKBI se-Lampung dapat mendukung kepemimpinannya empat tahun ini.

"Dukungan semua pihak sangat diperlukan agar PKBI Lampung dapat meraih keberhasilan," ujarnya lagi.

Sekretaris Pengurus Harian Nasional (PHN) PKBI Pusat dr Roy Cyong, didampingi Wakil Direktur Eksekutif PKBI Pusat Drs Nanang Munajat, menegaskan bahwa prinsip kerelawanan dan kekeluargaan di PKBI harus tetap dipertahankan dan dijaga oleh pengurus PKBI Lampung yang baru.

"Sekali jadi relawan PKBI, seumur hidup menjadi relawan, dan pengurus baru harus menjaga semua itu, jangan hanya mengurus program tapi juga para relawan untuk membesarkan PKBI Lampung," ujarnya pula.

Dia juga menegaskan adanya tantangan ke depan bagi pengurus PKBI Lampung pada era yang menarik, yaitu institusi kependudukan dalam pemerintahan baru diharapkan menjadi setingkat kementerian agar dapat menangani persoalan kependudukan dan keluarga berencana dengan lebih baik.

"PKBI harus tetap mengedepankan ideologi perencanaan bagi keluarga, membela hak anak dan kaum perempuan, peduli pada hak seksual dan kesehatan reproduksi remaja serta dapat memberikan pelayanan kesehatan reproduksi dan hak seksual itu tanpa diskriminasi," ujar Roy Cyong pula.

Musda ke-9 PKBI Lampung menurut Direktur Pelaksana Daerah PKBI Lampung Herdimansyah, diikuti seluruh utusan pengurus PKBI se-Lampung, para peninjau, relawan, dan stakeholders lainnya, termasuk para pembina PKBI Lampung.

  Dia menjelaskan bahwa Musda PKBI Lampung ini membahas tiga agenda utama, yaitu laporan pertanggungjawaban Pengurus Daerah periode 2010-2014, penyusunan strategi dan program Pengurus PKBI Lampung 2014--2018, dan memilih serta menetapkan Pengurus baru PKBI Lampung periode 2014--2018.