Lampung Dorong Kemajuan Usaha Ekonomi Kreatif

id m.ridho ficardo, ekonomi kreatif, dekranasda, lampung, gubernur

Sektor industri kerajinan jika telah dikembangkan secara optimal, mampu menyerap tenaga kerja. Jika ini terjadi maka mampu membuat nama baik provinsi terkenal, dan bisa membantu pembangunan pariwisata."
Bandarlampung, (ANTARA LAMPUNG) - Pemerintah Provinsi Lampung terus mendorong kemajuan usaha ekonomi kreatif  di seluruh wilayah provinsi itu seperti kerajinan batik dan sulam usus.
        
Gubernur Lampung M Ridho Ficardo di Bandarlampung, Jumat, mengatakan, kerajinan kreatif sudah banyak terlihat, namun tidak dikembangkan dengan maksimal.
        
Pemprov Lampung bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) akan terus menggali sumber kerajinan yang ada untuk dikembangkan secara optimal, demi menunjang pembangunan provinsi khususnya pembangunan ekonomi.
        
"Ekonomi kreatif harus dioptimalkan lagi, sehingga kerajinan di daerah itu dikenal luas. Pemprov akan terus mendorong bagaimana industri kerajinan itu betul-betul menjadi harapan baru buat masyarakat Provinsi Lampung, sehingga tumbuh dan berkembang," ujarnya.
        
Ridho menjelaskan, industri kerajinan mempunyai peran penting terhadap pertumbuhan ekonomi daerah serta nasional, karena mampu menyerap ribuan tenaga kerja.
        
"Sektor industri kerajinan jika telah dikembangan secara optimal, mampu menyerap tenaga kerja. Jika ini terjadi maka mampu membuat nama baik provinsi terkenal, dan bisa membatu pembangunan pariwisata," jelasnya.
     
Menurutnya, perkembangan industri dan pariwisata harus bisa berjalan berbarengan, karena ini akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, serta membantu pendapatan asli daerah (PAD) Lampung.
        
"Harapan kita, terjadi peningkatan disektor industri kreatif, pemerintah akan bekerjasama dengan pengurus Dekranasda seluruh kabupaten/kota mendukung agar pengrajin bisa lebih baik. Dengan kebersamaan itu harapan akan bisa kita peroleh," katanya.
        
Gubernur Lampung juga mengharapkan dukungan perbankan sangat membantu usaha menengah kecil dan mikro. Dengan dukungan modal dari perbankan maka pengrajin bisa mengembangkan karya dan jasa yang diberikan.
        
"Perbankan harus dapat merangkul pengrajin demi pembangunan Provinsi Lampung ini," tambahnya.