Emirat Janjikan 41 juta dolar untuk Gaza

id Emirat Janjikan 41 juta dolar untuk Gaza, bantuan, gaza, israel, palestina, jalur gaza

Emirat Janjikan 41 juta dolar untuk Gaza

Aksi Perempuan Lampung Peduli Gaza di Bandarlampung, Minggu (18/11), untuk menggalang dana dan bantuan bagi warga Gaza di Palestina. (FOTO: ANTARA LAMPUNG DOK/Eni Muslihah)

Inisiatif ini bertujuan untuk merekonstruksi "rumah-rumah yang rusak dan merehabilitasi rumah sakit, pendidikan dan layanan" yang terkena serangan militer Israel di Jalur Gaza."
Abu Dhabi (Antara/AFP) -  Uni Emirat Arab Senin akan menawarkan bantuan hampir 41 juta dolar AS untuk rekonstruksi rumah-rumah di Gaza yang terkena serangan militer Israel terhadap para gerilyawan yang menembakkan roket.

Dari angka itu, 150 juta dirham (40 juta dolar AS) merupakan bagian dari kesepakatan antara Abu Dhabi dan  Sabit Merah Emirati serta badan PBB untuk Pengungsi Palestina, menurut Bulan Sabit Merah.

Inisiatif ini bertujuan untuk merekonstruksi "rumah-rumah yang rusak dan merehabilitasi rumah sakit, pendidikan dan layanan" yang terkena serangan militer Israel di Jalur Gaza, kata presiden organisasi, Sheikh Hamdan Ben Zayed Al Nahyan, seperti dikutip dalam satu pernyataan.

Pemerintah UAE telah berjanji 52 juta dolar AS dalam bentuk bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina di Jalur Gaza pada tahap awal dari serangan militer Israel.

Ratusan bangunan tempat tinggal telah rusak sejak 8 Juli, ketika
Israel melancarkan serangan yang kini telah menewaskan 572 warga Palestina dan 27 Israel, termasuk 25 tentara.

Penerjemah: A. Krisna