Ansor Waykanan Ajak Kader Berwirausaha

id Ansor Waykanan Ajak Kader Berwirausaha

Waykanan, Lampung (ANTARA LAMPUNG) - Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor Waykanan di Provinsi Lampung mendorong kadernya mandiri dengan memberikan wawasan dan keterampilan kewirausahaan budidaya perikanan dan pembuatan pupuk organik.

Peluang budidaya perikanan telah disampaikan oleh Kepala Bidang Perikanan pada Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Waykanan Bayu Nurcahyo, kata Ketua PC GP Ansor Waykanan, Supri Iswan, di Bumiagung, Waykanan, Rabu (26/3).

Adapun untuk cara pengolahan sampah organik dipandu oleh Sumanto, Kepala Bidang Penyuluhan Pertanian pada Badan Penyuluh Pertanian Peternakan Perikanan dan Kehutanan Waykanan.

"Semoga apa yang saya sampaikan bisa menjadi tambahan wawasan dan bisa mendorong budidaya tanaman pangan dan perkebunan di masyarakat," kata Sumanto pula.

Pupuk organik, ujar dia, membuat tanaman, baik sayur atau buah yang dibudidayakan, hasilnya jika dikonsumsi tidak menjadi racun karena tidak ada endapan bahan kimia yang terlalu tinggi.

"Menanam tanpa bahan kimia bisa dilakukan, pupuk bisa dibuat tanpa dibeli dengan menggunakan bahan baku berupa jerami, sisa sayuran dan sisa gergaji. Jika pupuk bisa dibuat sendiri, kenapa harus beli. Pupuk organik bisa digunakan untuk perkebunan, sayuran dan dan tanaman buah-buahan," kata Sumanto lagi.

Kepala Bidang Penyuluhan Pertanian itu menyambut baik inisiatif GP Ansor setempat yang mendorong kadernya untuk berwirausaha sebagai tindakan riil untuk memajukan organisasi.

Salah satu anggota Banser Waykanan, Syukron, warga Gunungsari Kecamatan Rebangtangkas menyambut baik upaya PC GP Ansor Waykanan itu.

"Setuju banget, karena saya mau praktikkan. Pelajaran membuat kompos itu sangat perlu karena dapat menambah wawasan dan bisa segera dipraktikkan," ujar Syukron pula.
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar