Dicari Di 2,24 Juta Mil Laut, Nasib Pesawat Gelap

id Dicari Di 2,24 Juta Mil Laut, Nasib Pesawat Gelap

Dicari Di 2,24 Juta Mil Laut, Nasib Pesawat Gelap

Pesawat yang dioperasikan Malaysia Airlines jenis Boeing 777-2H6(ER) (FOTO : Bruno Muthelet/www.planespotters.net)

Kuala Lumpur (Antara/Xinhua-OANA) - Daerah pencarian bagi pesawat Malaysia Airlines MH370, yang hilang, telah diperluas jadi 2,24 juta mil laut persegi (sekitar 7,58 juta kilometer persegi), kata Menteri Transportasi Malysia Hishammuddin Hussein, Selasa.
        
Hishammuddin Hussein, yang juga adalah Menteri Pertahanan Malaysia, mengatakan dalam satu taklimat daerah pencarian di kedua koridor --utara dan selatan-- dibagi masing-masing menjadi tujuh kuadran. Setiap kuadran mencakup daerah seluas 160.000 mil laut persegi (sekitar 548.784 kilometer persegi).
        
Berdasarkan informasi paling akhir, daerah pencarian --hampir seluas Australia-- mencakup koridor utara, yang membentang rata-rata dari perbatasan Kazakhstan dan Turkmenistan ke Thailand Utara, serta koridor selatan dari Indonesia sampai bagian selatan Samudra Hindia.
        
"Ini adalah daerah yang sangat luas. Dan itu adalah sesuatu yang tak mungkin Malaysia bisa cari sendirian. Oleh karena itu saya sangat gembira bahwa sangat banyak negara telah tampil untuk menawarkan bantuan dan dukungan bagi operasi pencarian dan pertolongan," kata Hishammuddin, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa malam.
        
Ia mengatakan Malysia menggelar dua kapal lagi, termasuk satu helikopter --yang dapat beroperasi dari kapal. Ditambahkannya, seluruh jumlah kapal yang melakukan pencarian di koridor selatan menjadi empat.
        
Malaysia juga menggelar dua pesawat C-130 ke sekotar Indonesia, koridor pencarian selatan, kata menteri itu.
        
Sebanyak 26 negara telah terlibat dalam operasi pencarian di seluruh Asia Tenggara dan Samudra Hindia.



Penerjemah/Redaktur : Chaidar/Hisar Sitanggang